Daphne Koller’s TedTalks: What We’re Learning From Online Education

Salah satu video seputar pendidikan di era digital yang saya tonton pekan lalu. Di video ini Daphne Koller (Professor Computer Science di Stanford yang juga merupakan pendiri Coursera, startup yang berfokus pada bidang pendidikan yang menyediakan perkuliahan dari Universitas-universitas top secara online dan gratis) menjelaskan apa saja yang beliau pelajari dari online education yang diselenggarakan oleh Coursera. Beberapa poin favorit saya:

  1. Pendidikan memungkinkan seseorang meningkatkan kualitas hidupnya. Sayangnya keterbatasan fisik membuat ketersediaan pendidikan untuk saat ini terbatas. Disinilah pendidikan online memiliki perannya: menyediakan pendidikan yang tersedia untuk audience yang lebih besar karena tidak terbatasi oleh keterbatasan fisik.
  2. Format online dapat memungkinkan format kelas yang terdiri dari materi-materi yang lebih pendek dan modular yang mana memudahkan pembelajar untuk menyerap materi alih-alih format kelas yang panjang dan monolitik.
  3. Pendidikan online memungkinkan pembelajar untuk terbebas dari belenggu model pendidikan “one size fits all” dan mengikuti kurikulum yang lebih personalized.
  4. Pengulangan dan interaksi dari pembelajar penting untuk meningkatkan pemahaman. Di Coursera, pada setiap rentang waktu tertentu video materi perkuliahan akan berhenti dan boks berupa pertanyaan untuk mengulas pemahaman pembelajar akan muncul untuk memastikan tingkat pemahaman pembelajar.
  5. Pendidikan online membatu pengajar untuk bekerja dengan lebih efisien dengan menghindari pekerjaan yang repetitif seperti mengecek pekerjaan siswa yang dapat dicek dengan menggunakan komputer (multiple choice, short answer).
  6. Untuk pekerjaan siswa yang tidak dapat dicek dengan menggunakan komputer, manfaatkan peer assessment. Buat tools untuk mencapai hal tersebut.