WordPress Untuk Website Institusi Pendidikan

WordPress Icon

Salah satu langkah strategis yang diambil tim DMD saat melakukan redesain hampir keseluruhan situs di jaringan BINUS University adalah penggunaan WordPress sebagai CMS untuk situs-situs BINUS University. WordPress dikenal sebagai aplikasi open source yang identik dengan blogging. Meskipun awalnya WordPress di-fork dan dikembangkan untuk kebutuhan blogging, namun pertumbuhannya yang pesat dan dukungan komunitas yang terdiri dari berbagai jenis pengguna mendorong WordPress untuk terus berevolusi menjadi Content Management System (CMS) yang lebih kaya, namun tetap dengan antarmuka yang sangat mudah digunakan.

Mengapa Menggunakan WordPress?

Diantara banyak sekali alasan, berikut ini adalah alasan-alasan yang sangat esensial untuk menjadikan WordPress sebagai CMS untuk Website Institusi Pendidikan anda:

WordPress merupakan aplikasi yang teruji

Dengan konfigurasi, pengelolaan dan arsitektur server yang tepat, WordPress sanggup melayani jutaan pageviews seperti yang telah dibuktikan oleh situs-situs super populer seperti WordPress.com, TechCrunch, Mashable, dan lain-lain.

Pengembangan yang terus berlanjutan

Dengan komunitas pengembang yang sangat aktif dan release cycle per tiga bulan, WordPress selalu up-to-date mengadopsi teknologi web terkini.

Keamanan yang terjaga

Tidak ada gading yang tak retak dan tidak ada program yang tidak memiliki bug. Namun begitu, sifat alami WordPress sebagai aplikasi open source membuat siapapun dapat melihat bagaimana WordPress bekerja. Kapanpun komunitas menemukan celah keamanan yang berbahaya, hal ini dapat segera dilaporkan dan komunitas pengembang dapat dengan segera merilis minor version update yang dapat di-install dengan mudah.

Antarmuka yang mudah digunakan

Antarmuka yang sederhana dan semantik membuat pengguna dapat berkonsentrasi kepada membuat dan mempublikasikan konten, bukannya frustrasi mencari tahu bagaimana cara melakukan sesuatu atau yang lainnya. Menulis konten yang berkualitas sendiri sudah merupakan suatu tantangan yang cukup berat, janganlah ditambah lagi masalah baru yang disebabkan antarmuka yang sulit digunakan.

WordPress memiliki antarmuka yang konsisten dan mudah digunakan, membuat penggunanya dapat berfokus dengan baik kepada mempublikasikan konten.

Fungsi Awal Yang Solid, Fungsionalitas yang Extendable

WordPress memiliki sekumpulan fungsi dasar yang solid: visual content editor, pretty permalink, SEO optimized & semantic markup, content importer, user role management, content taxonomy, dan banyak hal lainnya. Hal ini menyebabkan pengguna tidak perlu mengkhawatirkan fungsi-fungsi dasar yang dibutuhkan sebuah website. Cukup setup dan mulai mempublikasikan konten: bayangkan berapa banyak biaya dan waktu yang dapat diselamatkan. Jika pengguna membutuhkan fitur yang tidak dimiliki oleh WordPress, ribuan plugin dan themes dapat digunakan untuk menambah fungsionalitas atau mengganti tampilan situs berbasis WordPress. Jika tidak ada plugin dan themes yang menjawab kebutuhan pengguna, WordPress memiliki API yang sangat fleksibel dengan user-generated documentation yang sangat lengkap.

WordPress Multisite

Salah satu karakter BINUS University yang merupakan institusi pendidikan besar dengan banyak fakultas, jurusan dan biro adalah banyaknya sub-situs yang perlu dikelola dibawah domain BINUS.ac.id. Dengan fasilitas WordPress multisite, pengguna dapat mengelola puluhan, ratusan, ribuan atau bahkan lebih situs dalam sebuah instalasi WordPress.

Referensi website besar yang menggunakan WordPress

Belum terlalu yakin untuk menggunakan WordPress untuk situs pendidikan anda? Silahkan tengok daftar situs yang menggunakan WordPress sebagai platform website institusi pendidikan di laman showcase website resmi WordPress.org.