Pengembangan Media Digital

Merujuk kepada pemahaman digital media sebagai bentuk media elektronik tempat data disimpan secara digital. Lalu secara teknis media tersebut memiliki dua aspek aktivitas utama, aspek pertama melakukan aktivitas penyimpanan, dan aspek kedua memiliki aktivitas transmisi informasi. Secara lebih luas Digital Media Alliance Florida (DMAFlorida.org) mendefinisikan digital media sebagai aktivitas konvergensi kreatif seni digital, ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis yang mengakomodasi eskpresi manusia dalam aktivitasnya berkomunikasi, berinteraksi sosial serta mengembangkan pendidikan. Pemahaman itulah yang menjadi pondasi dasar pengembangan media yang dilakukan oleh Digital-Media Development BINUS University (DMD BINUS).

Kompetensi utama yang dimiliki oleh Digital-Media Development (DMD) BINUS adalah pengembangan digital media untuk institusi, secara spesifik merujuk kepada institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki karakter unik dan kompleks di dalam menjalankan aktivitasnya. Ranah digital media yang dikembangkan meliputi media digital berbasis web baik itu berupa aplikasi maupun web itu sendiri.

Lingkup kerja DMD mencakup area perancangan, pengembangan dan pengelolaan media digital di BINUS Group. Area perancangan  website yang dilakukan adalah desain front-end yaitu semua hal yang meliputi tampilan website, seperti merancang antarmuka (interface) situs web, tata letak, tipografi dan warna yang dipilih, sebagai satu kesatuan aktivitas visual branding-digital. Masih di area pengembangan front-end, termasuk di dalamnya pengembangan Content Management System (CMS) berbasis WordPress. CMS tersebut dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan selalu mengejar kepada kemudahan pengguna dalam melakukan pembaruan (updating) data.

Kesadaran untuk terus mengembangkan media, teknologi, serta aplikasi berbasis digital merupakan satu kesatuan kultur teknologi informasi yang sarat menaungi Bina Nusantara. Kultur itu pulalah yang menjadi nilai dasar DMD BINUS dalam beraktivitas, yakni berusaha secara terus menerus untuk menciptakan pengalaman digital dan web yang luar biasa bagi lembaga pendidikan.