Lokakarya Portal Kementrian Luar Negeri

Danu Widhyatmoko (DMD BINUS) membawakan materi

Digital-Media Development (DMD) BINUS University mendapat undangan dari Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia untuk memberikan materi sharing seputar pengelolaan web portal dari sudut desain web. Acara tersebut diadakan oleh Direktorat Informasi dan Media Kemlu RI, bernama Lokakarya Penulisan Jurnalistik dan Pengelolaan Portal Website Kemlu, dilaksanakan pada tanggal 19-22 Juni 2012 di Hotel  Grand Royal Panghegar, Bandung.

Sekitar 30 orang peserta lokakarya hadir di acara tersebut, makalah dibawakan oleh Danu Widhyatmoko (DMD BINUS), membahas seputar desain web yang baik. Portal Kemlu RI —Kemlu.go.id — sendiri memiliki tingkat kerumitan yang tinggi, selain sebagai portal berita informasi kegiatan Indonesia di luar negeri, portal tersebut juga berfungsi sebagai sarana komunikasi warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dengan pemerintah Indonesia, selain itu portal ini merupakan muara dari sekitar 70 web perwakilan Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.

Para peserta lokakarya

Materi yang dibawakan dimulai dengan melakukan tinjauan atas  portal Kemlu.go.id tersebut, dari kendala dan permasalahan yang ditemukan pada saat meninjau portal tersebut maka langsung disajikan tampilan yang lebih tepat itu sebaiknya seperti apa. Acuan yang digunakan itu sendiri merujuk ke standar desain web yang pernah disampaikan oleh Collis Ta’eed (2007), Nine Essential Principles for Good Web Design. Kemudian materi ditambahkan dengan pengembangan sederhana untuk mendapatkan portal Kemlu.go.id yang lebih baik. Pengembangan sederhana tersebut meliputi pemaksimalan tipografi, pemanfaatan icons, standarisasi kualitas foto, standarisasi kualitas banner.

Sebuah web yang baik adalah web yang mampu mengamanahkan visi dan misi serta program yang dimiliki institusinya. Tatanan tersebut juga digunakan sebagai standar acuan mengembangkan web yang baik. Materi sharing itu sendiri ditutup dengan bahasan seputar Visual Branding, mengulas mengapa web itu kini sedemikian pentingnya untuk membangun image.

Beberapa tampilan slide materi sharing

Pada sesi tanya jawab, semakin terungkap betapa rumitnya pengelolaan portal Kemlu.go.id ini, terutama standar konten yang ditampilkan. Dalam skala kecil permasalahan yang dijumpai oleh portal Kemlu.go.id sedikit banyak mirip dengan BINUS.ac.id, diperlukan standarisasi yang jelas dalam pengelolaan teks dan visual, dan pola pendekatan sistem template dalam proses updating menjadi satu keharusan.

Penyerahan plakat oleh Moderator

Ke depan, semoga sesi singkat tersebut dapat memberikan tambahan pengetahuan seputar desain web yang baik, dan dapat membawa dampak yang positif bagi kualitas portal Kemlu.go.id.

– – –

Institusi Anda membutuhkan pengetahuan seputar desain web yang baik, visual branding, pengelolaan web institusi? Kami dapat melakukan sharing seputar pengetahuan tersebut. Hubungi kami lewat halaman contact us.