Theme Web BINUS.ac.id


 Apa yang dicari oleh pengunjung web institusi pendidikan?

Pertanyaan awal tersebut yang mendasari proses awal redesain web BINUS University. Kajian demi kajian dilakukan, mencari pembanding dari web sejenis, sekian kesimpulan akhirnya dapat ditarik dan menjadi landasan dalam pengembangan. Secara garis besar pengunjung web institusi pendidikan dapat dikategorikan menjadi :

  • Calon mahasiswa (lokal maupun internasional)
  • Mahasiswa
  • Alumni
  • Orang tua
  • Pengunjung umum

Lewat pendekatan berdasar kategori pengunjung maka dapat diarahkan kebutuhan-kebutuhan sesuai masing-masing kategori tersebut. Contohnya untuk calon mahasiswa maka harus disiapkan layanan admisi yang efisien dan efektif. Bagi mahasiswa aktif, diarahkan ke informasi-informasi terkait dengan jalannya kegiatan baik itu perkuliahan maupun kegiatan lain yang berjalan di kampus.

  • Selain pendekatan berdasar kategori, kajian kami menghasilkan simpulan, elemen utama yang semestinya hadir di web institusi terdiri dari :
  • Berita
  • Agenda Kegiatan
  • Riset
  • Artikel yang didominasi oleh pemikiran serta filosofi dari jalannya pendidikan di institusi terkait.

Hasil kajian tersebut kemudian dirumuskan menjadi tampilan antar muka. Kami sendiri memilih Content Management System WordPress sebagai mesin utama backend. (Di tulisan lain akan kami tuliskan alasan pemilihan WordPress ini). Pengembangan tampilan antar muka yang dilakukan difokuskan pada theme yang terdiri dari halaman muka (homepage), halaman dalam (inside page) dan halaman arsip/hasil pencarian (archive/result page).

Saat ini kami mengembangkan 1 theme utama yang digunakan di website BINUS.ac.id, dan 4 theme yang digunakan secara bersama oleh jurusan-jurusan yang terdapat di BINUS University. Pemilihan theme itu sendiri disesuaikan dengan karakter masing-masing jurusan.

Kembali ke theme BINUS.ac.id, tantangan utama dari desain web ini adalah berada di drop-down menu program. BINUS memiliki program studi/jurusan puluhan banyaknya, untuk menampilkannya butuh strategi tersendiri. Tampilan drop-down menu yang saat ini digunakan merupakan versi ketiga. Selain itu, area admisi juga memberikan tantangan sendiri, dibutuhkan penanganan khusus, terutama arena online consultation, dengan memanfaatkan aplikasi open source Yahoo! Messenger Pingbox. Selain itu, situs BINUS.ac.id juga berperan sebagai muara bagi berita-berita jurusan juga biro yang ada di BINUS University.

Drop down menu Program

 

Online Consultation Y! Messenger Pingbox

 

Muara untuk update berita dari jurusan/biro BINUS University