Logo DMD BINUS University

Desain logo merupakan bagian yang penting dari desain grafis. Logo adalah sebuah bentuk gambar ataupun tulisan, yang berfungsi untuk mewakili suatu produk, lembaga atau perusahaan. Sebagai identitas, secara visual sebuah logo harus mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Digital-Media Development BINUS University (DMD BINUS) adalah divisi baru yang terdapat di Bina Nusantara. Divisi ini berdiri sejak September 2011 untuk menjawab kebutuhan kesatuan kultur teknologi informasi BINUS melalui pengembangan media, teknologi, serta aplikasi berbasis digital di ranah kerja serta operasional akademis di BINUS. DMD memiliki kompetensi di bidang Media Digital, Self-Branding Online, Digital-Branding dan Netiquette, serta lingkup kerja divisi tersebut mencakup area perancangan, pengembangan dan pengelolaan media digital pada BINUS Group.

Desain logo DMD menggunakan tipografi sebagai visual utama, dengan strategi perancangan yang komunikatif (mudah dipahami), efektif (mudah dikembangkan), dan aplikatif (mudah diterapkan). Tingkat kemudahan untuk dibaca (readability) dan pemilihan kualitas huruf dalam kemudahannya untuk dibaca (legibility) menjadi pertimbangan penting dalam perancangan logo tersebut, selain pemilihan typeface yang sesuai dengan karakter, visi, misi dan bidang kerja dari divisi ini.

Typeface yang digunakan merupakan modifikasi dari huruf sans serif dengan bentuk stroke yang berujung semi membulat memberikan kesan modern, dipadukan dengan bentuk lingkaran menjadikan logo tersebut sebagai satu kesatuan yang utuh dan dinamis.