Logo BINUS Maya


BINUS Maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus oleh Bina Nusantara (BINUS) untuk mendukung sistem pembelajaran Multi Channel Learning (MCL). Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar sesuai waktu yang mereka tentukan sendiri, tidak bergantung pada waktu tatap muka dengan pengajar, tetapi tetap dapat mengakses seluruh sumber daya yang tersedia bagi mereka secara online.

Selain menjadi tempat para mahasiswa untuk mengakses materi perkuliahan, BINUS Maya yang hadir sejak tahun 2001, juga merupakan wadah diskusi antar sesama mahasiswa maupun dengan pengajarnya. Materi pembelajaran dalam BINUS Maya berupa teks serta komponen multimedia digital. Sejak versi 2.0, BINUS Maya telah dapat diakses melalui sebagian tipe smart phone.

Menjawab tuntutan jaman, BINUS Maya versi 3.0 akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Sebagai wadah komunikasi digital komunitas Binusian secara visual, tentunya peran disiplin ilmu desain komunikasi visual menjadi bagian yang penting. Salah satu implementasi desain komunikasi visual yang paling umum dikenal adalah logo. Logo merupakan bentuk gambar ataupun tulisan, yang berfungsi untuk mewakili suatu produk, lembaga atau perusahaan secara visual. Sebagai identitas visual, sebuah logo diharapkan mudah diingat sebagai pengganti dari nama yang diwakilinya.

Dalam BINUS Maya versi 3.0, unsur tipografi menjadi komponen utama dalam desain logonya. Sebuah aplikasi logotype (logo yang menggunakan tipografi) yang mengutamakan strategi komunikatif (mudah dipahami), efektif (mudah dikembangkan), dan aplikatif (mudah diterapkan). Pemilihan typeface (jenis huruf) yang digunakan menyesuaikan dengan karakter, misi, serta visi, sebuah bagian lembaga pendidikan  berbasis teknologi informasi. Typeface yang digunakan merupakan perpaduan dari jenis huruf ‘Interstate Black’ yang terkesan tanpa batas waktu serta memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi, dan modifikasi huruf sans serif (tak berkait) dengan bentuk stroke (garis) yang berujung agak membulat untuk memberikan kesan modern dan dinamis, diharapkan mampu mencerminkan dinamika teknologi digital yang semakin berkembang pesat dewasa ini. Penerapan warna kuning mewakili kesan pemikiran yang tajam, cerdas dan cemerlang sesuai pada identitas korporat BINUS University.