People Innovation Excellence
 

Motivasi Wirausaha: Valar Morghulis, Valar Dohaeris

Motivasi Wirausaha: Valar Morghulis, Valar Dohaeris

Oleh: Kusumah AP. D5485

Bagi penggemar film seri  Game of Throne yang sudah mencapai final di musim ke delapan episode ke enam, Valar Morghulis dan Valar Dohaeris merupakan frasa yang akrab didengar. Kedua frasae ini merupakan bagian dari bahasa Valyrian kelas atas, dimana ketika sesorang menyebutkan Valar Morghulis, maka yang mendengar merespon dengan mengatakan Valar Dohaeris. Valar Morgulis mempunyai arti All Men Must Die, makna yang dapat diambil dari frase tersebut adalah tidak ada manusia yang abadi. Sedangkan Valar Dohaeris mempunyai arti All Men Must Serve, yang mempunyai makna mau mengabdi sebagai apa dalam menjalani kehidupan atau secara bebas dapat diterjemahkan mau dikenang sebagai apa.

Manusia mempunyai pilihan profesi dalam menjalani kehidupan. Profesi yang dapat memberi manfaat bagi orang lain, ataupun yang memberi manfaat bagi diri sendiri. Sesorang yang mengabdi pada agama akan menjadi ahli agama, seseorang yang mengabdi pada ilmu pengetahuan akan menjalani peneliti, seseorang yang mengabdi pada keinginan untuk mencerdaskan bangsa akan menjadi pengajar, bahkan bagi seseorang yang merasa tidak mengabdi sebagai apapun, sebagai pengangguran atau gelandangan,  dia mengabdi kepada keberlangsungan kehidupan sehari-hari sampai waktu akhir hidupnya tiba.

Secara pribadi saya menganggap bahwa suatu profesi yang memberikan manfaat bagi orang lain adalah profesi yang mulia. Suatu profesi yang juga memberikan manfaat bagi diri sendiri. Suatu profesi yang bergantung pada kemampuan diri sendiri dalam menganalisa ekonomi makro dan mikro dalam mengambil keputusan agar bisa bertahan dan berkembang serta terus memberi manfaat bagi orang lain ataupun lingkungan sekitar.

Guru adalah profesi yang mulia, namun sebagai guru saja tidak cukup, menurut saya profesi guru akan lebih mulia ketika dia bisa mengayomi guru-guru lain dalam satu wadah bisnis dan menjadi kuat untuk mencerdaskan bangsa. Dokter adalah profesi mulia, namun dokter akan menjadi lebih mulia ketika dia bisa berdikari membuka klinik bersama rekan-rekan dokter lainnya yang dapat mengatur cara mengabdi dan mencari keuntungan. Dari dua contoh diatas, kata kunci yang menggambarkan profesi tersebut adalah, wirausaha.

Seseorang sebagai wirausahawan dapat menentukan kapan harus berkembang, kapan harus bertahan, ataupun kapan harus kompromi untuk tetap menjadi mulia dalam menjalani profesinya. Wirausahawan adalah profesi mulia yang dapat menjadikan profesi lainnya lebih mulia. Wirausahawan dapat membuka lapangan pekerjaan, wirausahawan dapat menentukan kapan mencari keuntungan ataupun melakukan pengabdian, dan wirausahawan dapat membantu pertumbuhan perekonomian.

Valar Morghulis, Valar Dohaeris. Mau sebagai apa anda dikenang?


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close