People Innovation Excellence
 

ENTREPRENEURSHIP II (ENTR6004) SEMESTER GENAP 2018/2019 BINUS ENTRE EXPO

1. PENDAHULUAN

 

BINUS FESTIVAL merupakan salah satu agenda BINUS University dimana salah satu kegiatan didalamnya adalah BINUS ENTRE EXPO yang dikoordinir oleh BINUS Entrepreneurship Center (BEC). BINUS ENTRE EXPO merupakan kegiatan rutin setiap semester untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Entrepreneurship II (ENTR6004). Kegiatan ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk merasakan atmosfer bisnis dengan terlibat langsung dan memberikan pelayanan pada customer. Mahasiswa dibebaskan untuk memilih jenis bisnis apapun yang ingin ditampilkan di BINUS ENTRE EXPO. Tujuan dari BINUS ENTRE EXPO adalah memberikan pengalaman pada mahasiswa tentang bagaimana mengelola sebuah bisnis, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga tahap evaluasi dan problem solving.

2. PERSIAPAN

 

Tahap persiapan dimulai dari kelas masing-masing, adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

a. Pada minggu ke-2 perkuliahan, dosen kelas kecil memilih salah satu mahasiswa untuk menjadi komti dan membagi kelas menjadi 5 (lima) kelompok.

b. Setiap kelompok dipimpin oleh 1 (satu) orang ketua kelompok

c. Masing-masing kelompok bebas memilih 1 (satu) kategori ide bisnis:

  1. Industri Perdagangan dan Jasa
    Manufaktur, peternakan, perkebunan, perikanan, pertambangan, pengembangan property, kehutanan, tekstil, toko, ritel, keagenan, distributor, konsultan, transportasi, perawatan kesehatan, pendidikan, laundry, travel, event organizer
  2. Boga
    Industri yang mengolah makanan dan minuman, restoran, franchise dan catering
  3. Kreatif
    Periklanan arsitektur, barang seni, kerajinan, desain, fashion, video, film dan fotografi, permainan interaktif, music, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, televi dan radio, riset dan pengembangan
  4. Teknologi 
    Teknologi digital dan teknologi non digital
  5. Sosial
    Pariwisata dan kreatif, pertanian dan kelautan

d. Setiap  mahasiswa  harus  mendaftarkan  keikutsertaan  kelompok  ENTR6004  ke BINUS Entrepreneurship Center (BEC) dengan cara sebagai berikut:

  1. Pendaftaran setiap kelas dipegang oleh satu orang komti yang ditunjuk oleh dosen atau kesepakatan bersama disetiap kelas ENTR6004.
  2. Dosen memberikan template data kelompok untuk diisi oleh komti atau dapat dilihat di lampiran 2.
  3. Komti mengumpulkan data seluruh kelompok didalam kelasnya dan memastikan bahwa data tersebut sudah benar baik Nama, NIM, Nomor HP, Email, Nama Bisnis.
  4. Setelah data tersebut benar, komti mengirimkan data tersebut melalui email ke jumadi@binus.edu dan binusbec@gmail.com dalam format excell dengan Subject email : ENTR6004/Kode Dosen/Nama Dosen/kode kelas

Contoh : ENTR6004/D0001/Andi Budiman/LC33

  1. Pengiriman data kelompok melalui email paling lambat Sabtu 9 Maret 2019 pukul 17.00 WIB.

e. Dosen melakukan seleksi mahasiswa di kelas kecil pada pertemuan minggu ke-3, tiga (3) kelompok mengikuti BINUS ENTRE EXPO dan dua (2) kelompok mengikuti Student Exhibition.

f. Mahasiswa yang mengikuti Student Exhibition wajib melakukan Market Review pada BINUS ENTRE EXPO tanggal 10, 11 dan 13 Mei 2019 sesuai dengan jadwal market review. Jadwal akan di update di Binusmaya mahasiswa

 

3. PELAKSANAAN

A. Student Exhibition

2 (dua) kelompok yang tidak lolos seleksi dari dosen kelas untuk mengikuti BINUS ENTRE EXPO, harus mengikuti Student Exhibition. Jadwal Student Exhibition akan di-update di Binusmaya mahasiswa. Pelaksanaan Student Exhibition dilaksanakan pada:

 

B. BINUS ENTRE EXPO 

3 (tiga) kelompok yang lolos seleksi dari dosen kelas akan mengikuti BINUS ENTRE EXPO. Jadwal BINUS ENTRE EXPO akan di-update di Binusmaya mahasiswa. Pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO dilaksanakan pada saat BINUS Festival. Adapun jadwalnya adalah sebagai berikut:

  1. Perlengkapan Setiap Kelompok untuk Student Exhibition dan BINUS ENTRE EXPO

i. Company Profile

Mahasiswa diminta membuat sebuah Company Profile singkat yang berisi gambaran singkat tentang bisnis yang dipamerkan di BINUS ENTRE EXPO.

Company Profile harus berisi tentang:

  • Gambaran Umum Perusahaan
  • Gambaran Umum Produk
  • Gambaran Singkat Process Business
  • Value Proposition dari bisnis tersebut
  • Contact Us
  • Dilengkapi dengan foto-foto pendukung

Contoh Company Profile – Lampiran 3

ii. Catalogue

Mahasiswa diminta bisa mendeskripsikan secara singkat dan lengkap tentang produk/jasa yang dipamerkan. Catalogue didesain secara menarik layaknya Catalogue dalam bisnis sesungguhnya.

Catalogue berisi tentang:

  • Deskripsi singkat dan jelas tentang bisnis
  • Gambar pendukung berupa foto produk
  • Spesifikasi produk, berupa ukuran, material
  • Jenis – jenis produk, beserta harga (jika produk tidak hanya 1 (satu) macam)
  • Benefit yang ditawarkan pada pengguna

Contoh Catalogue – Lampiran 4

iii. X-Banner/Poster

X-Banner digunakan sebagai media untuk menarik calon customer. X-Banner akan dipasang di lokasi BINUS ENTRE EXPO.

Ketentuan X-Banner:

  • Print Full Color
  • Ukuran 60 x 160 cm.
  • Bahan Flexy China
  • Finishing bebas (doff/glossy)
  • Mata Ayam untuk pemasangan

Content X-Banner/Poster: Mewakili jenis Product secara visual.

Contoh Poster – Lampiran 5

Diharapkan pengunjung BINUS ENTRE EXPO bisa tertarik dengan desain X-Banner/Poster yang ditampilkan hingga memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memberikan penjelasan lebih jauh.

iv. Media Sosial

Media sosial digunakan sebagai sarana promosi. Artinya, mahasiswa diminta untuk memberikan segala hal yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli produk mereka. Media sosial diharapkan memenuhi unsur promosi yang diperlukan untuk menarik calon konsumen. Format media sosial bebas–atraktif.

Contoh Media Sosial – Lampiran 6

  1. Teknis Pelaksanaan

a. Student Exhibition

  • Informasi pembagian nomor meja dan tempat seleksi akan di umumkan melalui Private Message (PM) Binusmaya pada hari Senin tanggal 18

Maret 2019.

  • Waktu pelaksanaan Student Exhibition dibagi dalam 2 shift, shift 1 dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB dan shift 2 dimulai pukul 13.00 – 16.00 WIB.
  • Juri Student Exhibition akan di atur oleh tim panitia
  • Setelah melaksanakan Student Exhibition seluruh peserta kelompok bertanggung jawab terhadap kebersihan meja masing-masing
  • Mahasiswa peserta Student Exhibition wajib hadir pada tanggal 10 – 13 Mei 2019 sesuai jadwal mandatory untuk melakukan Market Review. Setiap Kelompok harus mereview minimal 5 (lima) kelompok yang melaksanakan BINUS ENTRE EXPO. Produk yang di review adalah produk yang sejenis atau mendekati produk produk dari kelompok yang melakukan review.

Mahasiswa yang melaksanakan BINUS Entre Expo dan Market Review wajib melakukan tapping absensi pada saat awal Jam 09.00–09.30 WIB, pertengah Jam 13.00-13.30 WIB dan akhir pelaksanaan Jam 15.30-16.00 WIB BINUS Entre Expo.

b. BINUS ENTRE EXPO

  • Informasi pembagian nomor meja dan tempat seleksi akan di umumkan melalui Private Message (PM) Binusmaya pada hari Jumat tanggal 3 Mei
  • Waktu pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO dimulai pukul 10.00 – 16.00 WIB.
  • Juri BINUS ENTRE EXPO akan di atur oleh tim panitia
  • Waktu penilaian oleh juri antara pukul 10.00 – 16.00 sesuai dengan kesediaan juri
  • Setelah pukul 16.00 seluruh peserta kelompok bertanggung jawab terhadap kebersihan meja masing-masing
  • Mahasiswa yang melaksanakan BINUS ENTRE EXPO dan Market Review wajib melakukan tapping absensi pada saat awal Jam 9.00–9.30 WIB, pertengah Jam 13.00-13.30 WIB dan akhir pelaksanaan Jam 15.30-16.00 WIB.

c. Laporan Market Review

Tugas ini adalah tugas yang diberikan bagi mahasiswa peserta mata kuliah ENTR6004 – Entrepreneurship II yang mengikuti Student Exhibition.

Graduate Competency
Mahasiswa menjadi seorang entrepreneur.

Report Template

  1. Title – Halaman Judul

Halaman ini berisi judul Market Review, identitas penulis, dan identitas institusi.

  1. Abstract – Intisari

Intisari, seperti pada karya tulis ilmiah, berisi tentang inti dari seluruh tulisan. Penulis diminta menjelaskan latar belakang pemilihan bisnis yang direview, hasil review dan rekomendasi yang diusulkan untuk pengembangan bisnis, serta dasar mengapa rekomendasi itu diambil.

  1. Introduction – Pendahuluan

Pengenalan tentang bisnis secara umum. Berisi gambaran umum pasar, data-data di pasar tempat bisnis itu berkompetisi, ditambah fakta pendukung, bisa dari penelitian terdahulu (jurnal), atau dari artikel populer.

  1. Review of the Business – Review dari Bisnis

Pada bagian ini, mahasiswa diminta untuk menjelaskan secara detail hasil review yang telah dilakukan. Review yang dilakukan menggunakan atau dalam bentuk tampilan 9 (Sembilan) block Business Model Canvas.

  1. Business Development Plan Recommendation – Rekomendasi Rencana Pengembangan Bisnis.

Bagian ini berisi Rekomendasi yang diusulkan oleh mahasiswa terhadap bisnis yang telah direview. Mahasiswa boleh menggunakan sudut pandang Marketing, Production, Place, Promotion dan Price

  1. Conclusion – Kesimpulan

Berisi kesimpulan dari seluruh review. Mengapa bisnis itu layak untuk dikembangkan, dan bagaimana cara pengembangan yang diusulkan, secara sekilas.

  1. Reference – Referensi

Berisi dari mana referensi untuk mendukung project ini diambil.

Laporan Market Review ini dikirim per kelompok melalui email paling lambat tanggal 20 Mei 2019 pukul 17.00 WIB ke tugasentre@binus.edu dengan versi PDF dengan Subject email: Marketreview/Nama Kelompok/Nama Dosen/kode Kelas.

Contoh subject email: Marketreview/Kamboja/Andi Budiman/LC33

d. Presentasi

  1. Student Exhibition

Mahasiswa yang mengikuti Student Exhibition harus mempresentasikan Laporan Market Review yang sudah dikirimkan ke BINUS Entrepreneurship Center (BEC). Isi presentasi adalah isi dari laporan market review tersebut. Presentasi ini dilaksanakan di minggu ke-13 di kelas masing-masing.

  1. BINUS ENTRE EXPO

Mahasiswa yang mengikuti BINUS Entre Expo pada tanggal 10 – 13 Mei 2019 diminta untuk melakukan Presentasi Laporan Pelaksanaan BINUS Entre Expo pada minggu ke-13 (kelas kecil). Mahasiswa diminta untuk memaparkan pengalamannya setelah menjalankan bisnis di BINUS ENTRE EXPO.

Mahasiswa harus mampu menerangkan secara detail tentang segala hal yang sudah mereka lakukan di BINUS ENTRE EXPO, mulai dari tahap persiapan hingga tahap evaluasi.

  • Konten

Presentasi Laporan BINUS ENTRE EXPO harus terdiri atas beberapa subkonten yaitu:

  • Summary

Summary berisi tentang rangkuman dari laporan BINUS ENTRE EXPO yang dibuat. Mahasiswa harus mampu membuat rangkuman secara singkat yang menerangkan isi laporan. Format summary dibuat seperti format Abstract pada laporan ilmiah.

  • Preparation

Mahasiswa diminta memaparkan segala hal yang mereka lakukan di tahap persiapan BINUS ENTRE EXPO. Persiapan meliputi:

i. Persiapan untuk pembuatan Prototype

Tahap ini mahasiswa diminta melaporkan segala aktivitas yang harus dilakukan untuk pembuatan item yang akan dijual

ii. Persiapan untuk pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO

Mahasiswa diminta untuk melaporkan segala aktivitas yang harus dilakukan sebagai persiapan untuk mensukseskan BINUS ENTRE EXPO

c. BINUS ENTRE EXPO

Mahasiswa diminta melaporkan segala hal berkaitan dengan Hari H BINUS ENTRE EXPO. Dalam bagian ini, mahasiswa diminta memberikan laporan tentang:

  1. Pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO secara umum
  2. Keterlibatan di acara BINUS ENTRE EXPO
  3. Aktivitas yang dilakukan di BINUS ENTRE EXPO
  4. Rundown semua aktivitas yang dilakukan pada Hari H BINUS ENTRE EXPO Customer:
  • Cara menarik calon customer
  • Cara menjelaskan pada customer
  • Pertanyaan yang umum didapat dari customer
  • Tingkat ketertarikan customer

d. Evaluation

Mahasiswa diminta melaporkan hasil Evaluasi internal. Evaluasi yang dilakukan meliputi:

  1. Evaluasi Pelaksaan BINUS ENTRE EXPO
  2. Mahasiswa diminta melihat Pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO yang sudah dilakukan dan melakukan evaluasi internal pada kelompoknya Laporan yang dibuat meliputi:
  • Hal positif yang didapatkan dari BINUS ENTRE EXPO
  • Kelebihan yang mensupport pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO
  • Kelemahan yang membuat pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO tidak optimal

3. Evaluasi Produk/Jasa
Mahasiswa juga diminta untuk melakukan  Evaluasi  dari  Produk/Jasa yang dipamerkan di BINUS ENTRE EXPO. Tahap evaluasi ini penting untuk mengetahui kelemahan apa yang ada pada bisnisnya, serta kelebihan apa yang bisa diekspos lebih jauh dan dikembangkan untuk menarik lebih banyak customer

   4. Problem Solving

Mahasiswa diminta membuat Problem Solving dari berbagai permasalahan, baik dari pelaksaan BINUS ENTRE EXPO maupun dari permasalahan yang dijumpai pada bisnisnya. Problem Solving yang dikemukakan harus bersifat konstruktif dan mensupport pengembangan bisnis ke depan.

5. Cashflow Report

Mahasiswa diminta membuat laporan keuangan sederhana meliputi inflow, outflow dan loss/profit.

  1. PENILAIAN

Penilaian Tugas Mandiri (TM) diambil dari:

  1. Student Exhibition

Dari penilaian juri pada saat Student Exhibition dan presentasi market review di minggu ke-13

  1. BINUS ENTRE EXPO

Dari penilaian juri lapangan pada saat pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO dan presentasi laporan pelaksanaan di minggu ke-13

Nilai Presentasi di minggu ke-13 diambil berdasarkan hasil dan penampilan saat presentasi. Mahasiswa yang melakukan presentasi dinilai berdasarkan:

  1. Kemampuan memaparkan laporan yang dipresentasikan
  2. Pemahaman konten
  3. Kemampuan menjawab pertanyaan dari dosen

Nilai Tugas Mandiri (TM) dianggap 0 (nol), apabila:

  1. Mahasiswa tidak mendaftarkan diri sebagai anggota kelompok
  2. Mahasiswa tidak hadir pada saat Student Exhibition dan Market Review
  3. Mahasiswa tidak hadir pada saat pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO
  4. Mahasiswa yang sudah terdaftar sebagai anggota kelompok, tetapi tidak dapat hadir pada Student Exhibition atau pelaksanaan BINUS Entre Expo, nilai dapat diproses apabila mahasiswa mengirimkan surat keterangan yang menjelaskan alasan ketidakhadiran, ditandatangani oleh Deputy Head of Program dan melengkapi dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

  1. PELANGGARAN TERHADAP PELAKSANAAN BINUS ENTRE EXPO

Selama pelaksanaan Stdent Exhibition dan BINUS ENTRE EXPO, peserta harus mematuhi peraturan yang berlaku. Pelanggaran dalam pelaksanaan BINUS ENTRE EXPO maka Nilai Tugas Mandiri (TM) dianggap 0 (nol).

  1. MAHASISWA PERKULIAHAN ONLINE

Bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara online, Binus Entrepreneurship Center (BEC) akan memberikan tugas pengganti. Tugas tersebut akan diinformasikan melalui:

  1. Forum Binusmaya kelas masing – masing
  2. Binusmaya

Menu di Binusmaya: Support > Download Center > BINUS Festival > Tugas Online ENTR6004 Semester Genap 2018/2019

  1. Lampiran 8 Panduan Entrepreneurship II

Pengumpulan tugas online paling lambat pada 6 Mei 2019, dengan melakukan submit ke forum atau sesuai dengan intruksi dari dosen kelas kecil masing-masing.

 

Lembar Penilaian

Contoh Company Profile

Contoh Katalog

Contoh Poster

Contoh Flyer

Contoh Media Sosial

 

Lampiran 8

A. TUGAS PENGGANTI

a. Tugas Pengganti Project ENTR6004 – Entrepreneurship II untuk Mahasiswa Regular (STUDY ABROAD)

ENTR6004

  1. Describe the student’s current country’s business uniqueness
  • Explain in at least 300 words about the country where you study abroad (do not copy paste)
  • Explain 3 (three) unique businesses characteristics that is common in that country but are not common in Indonesia!
  • Give an example for each of the unique characteristic!
  1. Develop 3 (three) innovative businesses in Indonesia by comparing the business in your current country to Indonesia! Explain the reasons.
  2. Create the Business Model Canvas of one of the innovative businesses and analyze it.
  3. Write 3 (three) entrepreneurial articles, at least 300 words each + a picture/table/diagram that support the articles. Each articles should use at least 3 (three) journals for the references.

b. Tugas Pengganti Project ENTR6004 – Entrepreneurship II untuk Mahasiswa Reguler (MAGANG)

ENTR6004 – Entre 2

  1. Describe the student’s Internship Company

Company Description

General Business Information

  • Business Name
  • Head Office Address
  • Phone Number
  • Website Address
  • Company Status
  • Contact Information of the Person in Charge ( His Name, Phone, Email Address etc)

Business Details

  • Date of Creation
  • Main Areas of Activities of Business (description of business activities at least 300 words).
  • Main Products/Services (add the description of the product/service)
  • Principal Customer Industries and Geographies

(describe the company’s position in the market)

Business Capacity

Human Resources

  • Business Organization
  • Number of Employees

Technical

  • Company Capacity for the Project in Terms of Qualifications and Certifications.

Portfolio

  • List of at least 5 main clients/customers of the company.
  1. Develop 3 (three) innovations for the Company so it would be able to be improved. Explain the reasons.
  2. Create the Business Model Canvas of the Company and analyze it.
  3. Write 3 (three) entrepreneurial articles, at least 300 words each + a picture/table/diagram that support the articles. Each articles should use at least 3 (three) journals for the references.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close