People Innovation Excellence
 

SPIRIT ENTREPRENEURSHIP

Spirit Entrepreneurship (SE) merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia, terlebih bagi seorang mahasiswa. SE dapat berkontribusi  dalam kelangsungan hidup setiap manusia dan merupakan salah satu aspek penting bagi masyarakat Indonesia. Karena itu keberadaan SE akan selalu dicari apalagi dalam kondisi saat ini, dimana keberadaan SE sudah sangat minim dan langka.

Kelangkaan yang terjadi menyebabkan berbagai perguruan tinggi  di Indonesia berlomba  membuat program studi yang mengemas kurikulumnya dengan bisnis. Masyarakat Indonesia sudah terlalu lama dininabobokan dengan slogan ” Indonesia negara yang sangat kaya raya dalam sumber daya alam”, dan itu memang potensi yang kita miliki, namun tidak cukup sampai disitu saja, perlu spirit dari sumber daya manusianya, sehingga saat ini masyarakat Indonesia tertinggal dari Negara-negara lainya untuk memanfaatkan sumber daya alam menjadi sumber potensi sebagai bahan baku untuk mempunyai value yang lebih tinggi¹. Binus University sebagai institusi yang mempunyai spirit untuk melahirkan para entrepreneur muda dengan mengemas kurikulumnya dengan mewajibkan mahasiswa semua jurusan mengambil mata kuliah entrepreneurship²

_________________________

¹http://finance.detik.com/read/2015/05/23/130617/2922895/4/rumput-laut-bisa-hasilkan-500-produk-tapi-ri-malah-ekspor-mentah?f9911023. Diakses pada hari Sabtu, tanggal 23 Mei 2015

²http://binus.ac.id/2015/05/mari-semarakkan-binus-festival-2015/. Diakses pada hari Sabtu, tanggal 23 Mei 2015

_________________________

Sumber daya manusia mulai dari masyarakat yang berada di desa-desa terpencil, masyarakat kota yang sibuk dengan aktivitas macet dimana-mana sehingga para birokrat sibuk memikirkan pembangunan infrastruktur³. Untuk menghubungkan daerah-daerah yang mempunyai potensi sumber daya alam sehingga mudah diakses dan infrastruktur jalan dan transporatsi yang memadai sangat diperlukan saat ini.

Sumber spirit entrepreneneurship tidak kalah pentingnya dari seorang guru atau dosen sebagai media belajar dan motivator, bahkan seorang dosen dapat mempercepat proses pembelajaran dimasyarakat melalui program Tridharma perguruan tingginya, sehingga masyarakat Indonesia tidak hanya bisa menjual bahan baku saja ke negera lain namun dapat menghasilkan produk yang mempunyai value, dengan mengajarkan entrepreneurship melalui salah satu konsep Business Model Canvas³.

Kolaborasi berbagai pihak terkait, mulai dari institusi pendidikan, perusahaan dan pemerintah merupakan salah satu bentuk untuk melahirkan spirit entrepreneurship.  Kementrian Pendidikan melaui Departemen Pendidikan Tinggi setiap tahun memberikan hibah untuk pengembangan entrepreneurship  mulai dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Mahasiswa Bina Desa, Program Coop, merupakan program yang disediakan pemerintah untuk mengembangkan spirit entrepreneurship dikalangan mahasiswa dan dosen serta banyak lagi peluang hibah dari grantor baik ditingkat nasional maupun internasional. Program tersebut tidak akan terlaksana apabila mahasiswa dan dosennya tidak mempunyai spirit entrepreneurship untuk melaksanakannya, dalam program tersebut mahasiswa maupun dosen harus menyiapkan proposal, mencari mitra UMKM, desa binaan dan  perusahaan untuk tempat magang serta dosen yang harus membimbing mahasiswanya.

Spirit Entrepreneurship akan melahirkan dan meningkatkan kondisi kesejahteran masyarakat Indonesia, sehingga Binus University dengan salah satu programnya melahirkan 2 dari 3 lulusannya menjadi entrepreneurship dapat terlaksana dalam waktu yang cepat dengan dukungan dari mahasiswa dan dosen terutama spirit dari seluruh binusian, terasa Indah untuk diwujudkan bersama-sama.

_____________________________

³http://finance.detik.com/read/2015/05/23/142003/2922942/4/tiba-di-medan-menhub-jonan-bahas-jalur-ganda-ka-medan-kualanamu?f9911013. Diakses pada hari Sabtu, tanggal 23 Mei 2015

³http://binusmaya.binus.ac.id/AccessApp.aspx?AppId=ankN224zkCGlL6Prt9ts4Qkw%2bx4hUYN0ZtPgD4FezY4%3d. EN0010010120144022P02 EN001 Business Model. Diakses pada hari Sabtu, tanggal 23 Mei 2015

http://dikti.go.id/category/info-pengumuman/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close