People Innovation Excellence
 

Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Usaha

Oleh: Abdullah Umar, ST, MM

 

 

Ada beberapa yang perlu diperhatikan oleh para calon pengusaha. Karena hal ini yang akan menentukan seberapa besar usaha anda akan sukses atau tidak. Apalagi banyak sekali peluang usaha yang bisa dilaksanakan. Dan jika tidak memperhitungkan secara baik, maka kegagalan yang sering didapatkan. Inilah salah satu ujian yang pasti akan ditemui, namun banyak yang modal nekat, yang penting buat usaha. Dan inilah yang sering membuat pengusaha pemula mengalami kegagalan. Dampaknya adalah para pengusaha pemula akan trauma dan tidak mau untuk buka usaha lagi.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam berusaha, antara lain:

  • Tentukan ide dari bisnis yang akan di buat.

Tentukan bisnis apa yang akan dilaksanakan. Karena tanpa ide, susah untuk menentukan bisnis yang cocok buat dilaksanakan. Kalau tidak memiliki ide bisnis, biasanya buat bisnis karena ikut-ikutan atau hanya sekedar ikut-ikutan trend. Coba gali dari diri sendiri, bidang usaha apa yang benar-benar dikuasai. Bisa saja dari hobi, komunitas atau ilmu yang memang dimiliki.

  • Buat Business Plan.

Setelah mendapatkan ide bisnis yang dianggap paling potensial untuk dijalankan. Sekarang buatlah perencanaan bisnis (Business Plan). Business Plan merupakan blueprint usaha yang akan anda dan karyawan serta pihak-pihak yang akan berkerjasama dengan anda dalam operasionalnya. Selain itu di dalam business plan terdapat unsur-unsur dalam mencari dana, promosi, dan operasional.

  • Lakukan Market Research.

Setelah membuat perencanaan bisnis, untuk lebih mengetahui pasar. Maka perlu dibuat sebuah penelitian mengenai pasar yang akan dimasuki. Istilah kerennya market research. Tujuan dari market research ini adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai kondisi pasar, sehingga diketahui siapa sih konsumennya, kompetitornya, keinginan dari konsumen, apa yang tidak diinginkan oleh konsumen. Sehingga mendapatkan hasil yang terperinci seputar hal-hal yang dapat menghambat sekaligus memajukan usaha. Dimana tujuan utama market research ini adalah agar kelak usaha kita bisa berjalan lancer.

  • Persiapan usaha.

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan persiapan. Baik itu dari persiapan lokasi, karyawan, bahan baku, promosi, dan prosedur operasioan bisnis. Kenapa ini penting. Karena kalau belum siap, tentunya akan mudah mengalami kesulitan. Contohnya. Karyawannya kurang, atau tidak terampil. Bahan baku tidak selalu tersedia. Sehingga sebelum operasional, perlu dicari supplier bahan baku yang benar-benar siap untuk melayani usaha anda.

  • Jalankan Usaha.

Setelah semua persiapan sudah dimatangkan 100%. Mulailah menjalankan usaha anda. Jangan ragu, karena anda sudah mempersiapkan semuanya secara matang. Dan jangan lupa adalah berdoa.

  • Lakukan Survei kepuasan Pelanggan

Setalah berjalannya usaha anda, jangan lupa lakukan survey mengenai kepuasan pelanggan. Hal ini perlu dilakukan untuk melakukan beberapa perbaikan yang memang dianggap dapat merugikan usaha anda.

Demikian beberapa tahapan di dalam memulai bisnis. Diharapkan dengan langkah-langkah tersebut, para calon pengusaha dapat menjalankan usahanya dengan baik dan terhindar dari kegagalan. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

  1. Esther, Yudi. (2013). Pengertian Business Plan menurut para ahli dan penjelasannya. http://dee-belajar.blogspot.com/2013/10/pengertian-business-plan-menurut-para.html
  2. (2014).Apa itu Market Research. http://arcom2005.com/365/
  3. Bisnis UKM (2015). Apa saja kebutuhan modal untuk memulai usaha. http://bisnisukm.com/apa-saja-kebutuhan-modal-untuk-memulai-usaha.html

Anang, Panca, Kurniawan. (2014). 5 Hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai usaha. http://www.merdeka.com/gaya/5-hal-yang-perlu-dipersiapkan-sebelum-memulai-usaha.html


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close