Seminar “Discover Your Personality”

Pada Jumat, 5 April 2019, pukul 19.15 – 21.30 WIB, Mentor Binus Square bersama Program Development Center melakukan seminar bertemakan “Discover Your Personality” dengan pembicara Dr. JAA Rumeser M.Psi selaku MBTI Certified AMT Trainer. Seminar ini dibuka untuk boarder Binus Square dengan target peserta 30 orang. Boarder yang terdaftar pada hari H mencapai 51 orang, akan tetapi saat hari H hanya 35 boarder yang hadir pada seminar.

Persiapan seminar dilakukan mulai dari pukul 19.00 WIB. Panitia yang di dalamnya termasuk Project Manager, Registrasi, dan Dokumentasi telah stand by di depan Oak Room pukul 19.00 WIB. Panitia memeriksa kelengkapan peralatan, konsumsi, dan hadiah yang diperlukan untuk kegiatan seminar. Registrasi ulang peserta sudah dibuka pukul 19.15 WIB. Pembicara sampai di Binus Square pukul 19.00 WIB dan dipersilakan untuk menikmati konsumsi yang diberikan terlebih dahulu sebelum kegiatan seminar di mulai.

Seminar dimulai pukul 19.30 WIB. Seminar ini dibagi menjadi empat sesi. Pertama, kata pembukaan yang dibawakan oleh Project Manager. Project Manager menyampaikan kata sambutan dan terima kasih kepada peserta yang sudah hadir. Kedua, materi yang  dibawakan oleh pembicara. Materi dibawakan oleh pembicara selama satu setengah jam. Pembicara membagi materinya menjadi sembilan buah poin penting untuk memberikan gambaran besar kepada para peserta. Materi yang dibawakan dari pembicara tersebut berupa pengenalan dan pendalaman tentang MBTI. Pembicara menjelaskan dalam MBTI ini, ada 4 polarisasi preferensi yaitu, (1) Introvert (1) dan Extrovert (E); (2) Sensing (S) dan Intuition (N); (3) Thinking (T) dan Feeling (F); (4) Judging (J) dan Perceiving (P). Kemudian dilanjutkan dengan mengenal bagaimana perpaduan polarisasi tersebut membuat seseorang melihat suatu hal berbeda dengan orang lainnya. Pembicara juga membantu dan memberikan waktu peserta untuk menentukan sifat polarisasi preferensi apa yang mereka miliki. Ketiga, sesi tanya  jawab yang dibuka oleh pembicara. Sesi tanya jawab berlangsung sekitar 15 menit. Keempat, kata penutup dan pemberian bingkisan yang dibawakan oleh Project Manager serta foto bersama. Interaksi antar pembicara dan peserta cukup baik. Peserta aktif dan antusias menjawab dan memberi pertanyaan kepada pembicara. Hingga seminar berakhir, ada beberapa orang yang masih antusias untuk bertanya dan bertanya kepada pembicara setelah acara berakhir.