Seminar “The Secret of Public Speaking”

Pada Senin, 17 Desember 2018, pukul 19.00 – 21.00 WIB, Mentor BINUS Square bersama Program Development Center (PDC) BINUS Square membuat seminar bertemakan “The Secret of Public Speaking” dengan pembicara Yayan Hendrayana, M.A selaku Founder and Master Trainee di Lembaga Power of Survival Education Center. Seminar ini dibuka untuk Boarder BINUS Square dengan target peserta 30 Boarder. Pada hari H target mencapai 31 Boarder dikarenakan banyak peserta yang mendaftar on the spot.

Persiapan seminar dilakukan mulai dari pukul 18.00 WIB. Panitia yang di dalamnya termasuk Project Manager, registrasi, dan dokumentasi telah standby di depan Oak Room pukul 18.00 WIB. Panitia memeriksa kelengkapan peralatan, konsumsi, dan hadiah yang diperlukan untuk kegiatan seminar. Registrasi ulang peserta sudah dibuka pukul 18.30 WIB. Pembicara sampai di BINUS Square pada pukul 18.45 WIB dan dipersilakan untuk menikmati konsumsi yang diberikan terlebih dahulu sebelum kegiatan seminar di mulai.

Seminar dimulai pukul 19.15 WIB. Seminar ini dibagi menjadi empat sesi. Pertama, Project Manager menyampaikan kata sambutan dan terima kasih kepada peserta yang sudah hadir dalam seminar ini. Kedua, materi yang dibawakan oleh pembicara. Materi dibawakan oleh pembicara selama satu setengah jam. Pembicara membagi materinya menjadi sembilan buah poin penting untuk memberikan gambaran besar kepada para peserta. Materi yang dibawakan dari pembicara tersebut berupa kiat-kiat dan tips bagaimana membawakan Public Speaking yang baik. Pembicara menjelaskan tentang pengertian, tujuan, kunci utama, tips memilih topik, tips transfer knowledge dan marketing, macam-macam audiens dan bagaimana cara mengenalinya, hambatan dan solusi dalam komunikasi. Tiga kunci utama dalam melakukan Public Speaking adalah (1) expertise di topic yang anda pilih, (2) skill men-transfer expertise anda ke audiens, (3) skill memarketingkan produk dan jasa yang anda miliki. Dalam memilih topik, peserta harus menanyakan tiga pertanyaan ini ke diri masing-masing. Pertanyaan itu adalah (1) Apakah saya ahli pada topik ini?, (2) Apakah saya bergairah pada topik ini?, (3) Siapa yang peduli dengan topik ini?.

Tips transfer knowledge adalah dengan cara persiapan yang baik, memberikan pembuka yang “WAH”, memperhatikan komunikasi nonverbal,  memperhatikan desain slide materi, menyenangi presentasi, mencari pelatih untuk presentasi yang baik, evaluasi, dan terus berlatih. Tips memarketingkan adalah dengan cara mengenal keunggulan diri, mengenal karakter audiens, dan memiliki referensi. Ketiga, sesi tanya jawab yang dibuka oleh pembicara. Sesi tanya jawab berlangsung sekitar 15 menit. Ada 3 orang peserta yang bertanya kepada pembicara dan mendapat hadiah. Keempat, kata penutup dan pemberian bingkisan yang dibawakan oleh Project Manager serta foto bersama peserta dengan pembicara. Interaksi antar pembicara dan peserta cukup baik. Peserta aktif dan antusias menjawab dan memberi pertanyaan kepada pembicara. Acara berjalan dengan lancar dan selesai sesuai waktu yang direncanakan meskipun adanya pengunduran seminar selama 15 menit yang dikarenakan target peserta belum tercapai.

Leave Your Footprint

Copyright © BINUS SQUARE. All rights reserved.