Share Happiness, Inspiration and Education (SHINE)

Share Happiness, Inspiration and Education atau yang lebih dikenal dengan singkatan SHINE, merupakan acara yang diadakan oleh Divisi Sosial BSSC. Dalam kegiatan ini, boarder BINUS Square diajak untuk ikut membagikan kebahagiaan, inspirasi, dan edukasi kepada orang-orang yang membutuhkan. Pada tahun 2017 ini, SHINE diadakan dengan tema “Greeny Green” sebagai bentuk kepedulian kita, masyarakat Indonesia, terhadap keadaan lingkungan saat ini. Pada kesempatan kali ini SHINE diadakan dalam 5 pertemuan, pertemuan tersebut dimulai pada tanggal 12 Maret 2017 dan berakhir pada tanggal 30 April 2017.

Sesuai namanya, Share Happiness, Inspiration and Education, kegiatan dimulai dari segi edukasi yaitu berupa pelaksanaan seminar untuk peserta SHINE dan warga kelurahan Grogol Utara. Seminar dibawakan oleh Bapak Muslim dan Ibu Sita dari komunitas Jakarta Berkebun. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pembuatan pupuk kompos bersama di pertemuan ketiga. Pupuk kompos tersebut kemudian digunakan pada pertemuan keempat, yakni kegiatan penanaman tanaman herbal. Penanaman dilakukan oleh peserta dan warga secara bersama-sama dan didampingi oleh Ibu Sita. Kemudian tanpa terasa, empat pertemuan pun berlalu dan akhirnya di pertemuan kelima acara SHINE berada di penghunjung acara yang diisi dengan kegiatan kontrol tanaman dan pembuatan prakarya bunga dari kantong plastik.

Lima pertemuan pun berjalan dengandiiringi respon yang antusias oleh peserta dan warga. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta dan warga pada kegiatan seminar. Semangat peserta dan warga pun tak pudar dalam menjalani kegiatan meskipun beberapa kegiatan dimulai pada pagi hari. Kemudian suasana serius, canda dan tawa antar peserta dengan warga pun tak lupa menghiasi kegiatan hingga akhirnya rasa kekeluargaan antara mereka pun terasa. Kegiatan SHINE ini mampu memberikan inspirasi dan sejuta kenangan yang tak terlupakan, dimana inspirasi didapatkan peserta ketika warga saling bertukar pikiran serta kenangan terjadi ketika peserta mengenal warga hingga merasa sudah seperti satu keluarga besar.