Workshop Videography : “How to Shoot Videos with Your Daily Camera”

Bagi sebagian orang, membuat video itu sulit karena tidak sekedar merekam tapi juga membuat cerita pada video tersebut. Itulah yang terkadang membuat orang memilih memotret dibandingkan merekam. Padahal bila mengetahui teknik dasar dalam membuat video, seseorang akan lebih mudah melakukannya. Oleh karena itu, Program Development Center (PDC) BINUS Square mengadakan Workshop Videography : How to Shoot Videos with Your Daily Camera. Tujuan diadakannya workshop ini agar peserta mendapatkan pengetahuan teknik dasar membuat video yang menarik. Adapun pembicara yang diundang adalah seorang pakar yang memiliki banyak pengalaman dalam pembuatan video.

Sebelum workshop dimulai, pembicara mengajak peserta mengobrol sekedar memperkenalkan diri. Ia juga menanyakan kepada peserta mengenai pengetahuan tiap peserta dalam membuat video. Tak disangka hampir semua peserta sudah memiliki dasar mengenai pembuatan video. Lalu pembicara mengajak peserta untuk brainstorming ide-ide atau tema yang bisa dijadikan story pada video. Berdasarkan hasil obrolan pembicara dan peserta workshop, mereka memiliki ide namun kesulitan untuk mengembangkan ide tersebut.

Oleh karena itu, pembicara mengajak peserta untuk praktek dengan membuat video 1 menit. Proyek membuat video 1 menit ini dilakukan berkelompok dan tiap kelompok harus membuat dua buah video dengan tema berbeda. Proyek ini dijadikan pembicara sebagai ajang latihan menyusun dan mengkonsepkan ide serta mengedit video hingga menjadi video yang menarik untuk ditonton. Tiap kelompok terdiri dari 2 orang yang bertugas mengedit dan 5 orang yang menyusun dan mengkonsepkan ide. Dari enam video yang dibuat peserta, pembicara akan menentukan satu video terbaik dan diharapkan praktek tersebut dapat berguna dalam kehidupan perkuliahan peserta. (cestri)

Leave Your Footprint

Copyright © BINUS SQUARE. All rights reserved.