Training Public Speaking : Make Your Presentation Fun

Di akhir tahun 2016, Program Development Center (PDC) mengadakan kegiatan training pada hari Selasa, 6 Desember 2016 di Ruang Oak, Binus Square. Kegiatan ini memiliki tujuan memberikan kesempatan kepada para boarder untuk meningkatkan skill dalam melakukan presentasi. Oleh karena itu, PDC bekerja sama dengan Bapak Hardijanto Saroso, seorang dosen Jurusan Management BINUS University untuk mengadakan Training Public  Speaking : Make Your Presentation Fun.

Dalam training ini, metode yang digunakan cukup berbeda dengan biasanya. Beberapa hari sebelum kegiatan dimulai, PDC sudah menentukan kelompok presentasi yang terdiri dari 3 orang. Tiap kelompok diwajibkan  membuat enam slide presentasi yang topiknya bebas. Beberapa topik yang dibahas cukup menarik diantaranya Internet Dalam Kehidupan, Musicology, South Korea, Two Cities Worth The Journey, Social Media, dan AXCECIA Door Access.  Nantinya tiap kelompok maju ke depan melakukan presentasi setelah pembicara menyampaikan beberapa poin yang perlu diingat saat presentasi.

Inti dari presentasi adalah story telling dimana peserta menjelaskan beberapa poin utama dari hal yang ingin dipresentasikan. Pada saat praktek terlihat beberapa peserta gugup saat tampil di depan namun ada beberapa peserta yang terlihat percaya diri. Di saat peserta terlihat gugup, pembicara langsung memberikan masukan atau feedback agar peserta dapat mengontrol dirinya kembali. Berdasarkan hasil kuesioner, peserta menyatakan sangat puas dengan adanya training ini dan berharap diadakan lebih banyak training untuk boarder Binus Square. Selain itu, kegiatan yang lebih banyak praktek cukup disukai oleh para peserta. (cestri)