People Innovation Excellence
 

Greetings from Rector

21st Century Education -providing 21st Century Skills – using 21st Century Pedagogy.

Zaman sudah berubah. Perubahannya amat sangat cepat. Perubahan di bidang teknologi, misalnya, mempengaruhi banyak bidang kehidupan. Salah satu bidang yang paling terpengaruh adalah usaha (business). Kita menyaksikan banyak mall dan toko tutup karena sebagian konsumen beralih ke belanja melalui internet (online). Perusahaan taksi, hotel, bank dan bahkan pendidikan mendadak mendapat pesaing baru. Perusahaan ini ‘hanya’ memiliki aplikasi komputer di Internet.

Namun demikian, zaman Internet ini adalah juga berkah. Kita mennyaksikan banyak peluang kerja  dan perusahaan baru yang muncul di dalam maupun di luar jaringan Internet. Perusahaan-perusahaan baru ini berkembang sangat pesat karena dukungan teknologi. Inilah fenomena abad ke-21. Untuk sukses di abad ke-21 ini diperlukan ketrampilan abad ke-21 (21st century skills) karena tuntutan zaman sudah berubah. Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) mencantumkan sejumlah ketrampilan (skills) yang akan sangat diperlukan pada tahun 2020, antara lain ketrampilan untuk memecahkan masalah yang kompleks (complex problem-solving skills), ketrampilan berpikir kritis (critical thinking skills), kreativitas (creativity), ketrampilan mengelola modal insani (people management) dan berkoordinasi (coordinating others) dan sebagainya.

Tuntutan memiliki ketrampilan abad ke-21 ini bermakna bahwa pendidikan, terutama pendidikan tinggi tidak bisa berjalan dengan bahan ajar, pedagogi, metoda dan pola yang sama lagi. Pendidikan tinggi dituntut untuk menyediakan fasilitas pembelajaran, bahan ajar, pedagogi, metoda dan pola yang memungkinkan mahasiswa memiliki kemampuan bersaing dan berhasil di abad ke-21. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan satu-satu kunci sukses lagi. Ketrampilan abad ke-21 mutlak dimiliki oleh semua peserta didik di perguruan tinggi untuk memungkinkan mereka bersaing dan berhasil dalam kehidupan di zaman ini. Pendidikan memerlukan Reformasi menyeluruh (Holistic Reformation).

Berbekal pengalaman 37 tahun yang cemerlang, BINA NUSANTARA telah melakukan holistic reformation dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Melalui BINUS @Bandung, BINA NUSANTARA menetapkan berbagai program pendidikan untuk memastikan mahasiswa memiliki 21st Century Skills untuk sukses. Salah satu programnya adalah 2+1+1 yang memungkinkan mahasiswa kuliah 2 tahun di BINUS @Bandung, 1 tahun di Binus University Jakarta atau BINUS @Malang dan 1 tahun lagi di Program Pengalaman Profesional (Enrichment Program). Mahasiswa dapat memilih program pengayaan dengan Magang (Internship),  Kewirausahaan (Entrepreneurship), Pengembangan Masyarakat (Community Development), Penelitian (Research) atau Kuliah di Luar Negeri (Study Abroad). Untuk memperkuat capaian belajar perkuliahan diselenggarakan dengan pedagogi yang baru termasuk menerapkan cara belajar flipped classroom, field-trips, living laboratory dan sebagainya.

Mari kita mempersiapkan diri sukses di abad ke-21.

Salam,
Andreas Chang


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close