Dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia telah banyak tumbuh e-commerce, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Shopee, Blibli.com, Qlapa.com, Rakuten, Elevenia, mataharimall.com, dan lain sebagainya. Masing-masing dari tiap e-commerce tersebut memiliki strategi yang berbeda-beda untuk merebut pasar yang ada di Indonesia.

Dengan banyaknya jumlah e-commerce tersebut, maka membuat tingkat persaingan antar e-commerce tersebut juga tinggi dan berakibat pada tutupnya beberapa e-commerce karena tidak mampu bersaing. Beberapa e-commerce yang kalah bersaing tersebut antara lain adalah Rakuten, plasa.com, tokobagus, berniaga.com, Qlapa.com, dan mataharimall.com.

Berdasarkan pada data dari Jakpat, terdapat beberapa barang yang sering dibeli oleh konsumen di e-commerce tersebut, yakni:

Tentunya dari ketatnya persaingan antar e-commerce tersebut, masih ada beberapa e-commerce yang menjadi pilihan utama masyarakat, berikut ini adalah beberapa e-commerce pilihan masyarakat tersebut menurut hasil survey Jakpat.

 

 

Dapat dilihat bahwa Shopee menempati peringkat teratas, baik itu dari situs yang paling banyak dikunjungi, maupun situs tempat membeli barang, disusul oleh Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.

Yang menarik dari ketiga e-commerce tersebut adalah, keempat e-commerce tersebut menerapkan strategi yang serupa, yakni sebagai berikut:

Dapat dilihat pada gambar, bahwa keempat e-commerce tersebut memiliki strategi yakni gratis ongkos kirim produk, harga yang bersaing, promo atau diskon produk, dan aplikasi atau tampilan layout yang user friendly.