Mungkin sebagian dari kamu sudah biasa membaca atau mendengar apa yang disebut dengan “tipografi kinetik”. Tapi jika kamu bukan orang yang termasuk di dalamnya, tak mengapa, dalam artikel ini akan dapat kamu pahami apa itu tipografi kinetik, meskipun tidak secara mendalam, namun kamu dapat memahami hal menarik apa yang bisa kamu dapatkan, baik Mungkin sebagian dari kamu sudah biasa membaca atau mendengar apa yang disebut  dari sekedar melihat-lihat referensi dari tipografi kinetik, atau bahkan mencoba untuk membuatnya.

 

Pada dasarnya, kalau dirujuk dari kalimatnya sendiri, secara tata Bahasa yang di maksud dengan tipografi adalah seni atau aturan menyusun komposisi tulisan hingga makna dari tulisan itu, dirangkai pula sesuai dengan jenis-jenis hurufnya. Sedangkan kinetik itu sendiri berasal dari kata kinetis yang artinya energi gerak.

 

Maka tipografi kinetik secara garis besar dapat diartikan sebagai kalimat atau kata yang disusun dan dikomposisikan dengan gerakan, dan dibuat menjadi menarik. Sudah banyak contoh-contoh dari tipografi kinetik ini, misalnya dalam video klip lagu yang dibuat oleh fans dari band atau penyanyi, yang konsepnya adalah, lirik dari lagunya dibuat bergerak sesuai dengan pergerakan liriknya.

 

Berikut contoh dari tipografi kinetik dari lirik lagu:

https://www.youtube.com/watch?v=IExGNeETVB0

 

Kinetik tipografi tak hanya bisa kita kreasikan untuk membuat video klip lirik lagu saja bukan? Bisa saja kita membuat hal menarik yang lain secara visual dengan tipografi kinetik ini, misalnya untuk mempresentasikan karya kita, untuk mempromosikan sesuatu, dan banyak hal lainnya.

https://vimeo.com/69375692

Semangat selalu untuk berkarya!