Pada musim panas tahun lalu, kami berkesempatan mengunjungi Universitas Chiba di Jepang. Universitas Chiba telah lama menjalin kerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Indonesia, khususnya pada bidang desain dan teknik. Pada kesempatan kali ini kami berkunjung ke Fakultas Teknik, Enviromental Humanonics Research Area dan diterima dengan baik oleh Prof. Yoshihiro Shimomura sebagai Head of Research Area. Enviromental Humanomics Academics Research Area adalah Kelompok Keahlian dari Fakultas Teknik Universitas Chiba yang mempertimbangkan hubungan antara manusia sebagai pengguna ruang dengan lingkungan, dari perspektif kebudayaan, perilaku dan ergonomi. Kelompok keahlian ini melakukan pengembangan pada lingkungan berdasarkan karakteristik manusia, elemen-elemen yang membangun lingkungan, peralatan yang digunakan dalam lingkungan tersebut sekaligus menjelaskan hubungan antara lingkungan dengan manusia dalam tingkatan masing-masing.

 

Situasi diskusi bersama teman-teman pasca sarjana di Humanomics Research Area
Sumber: Widyasari, 2018

Setelah berdiskusi mengenai beberapa penelitian yang sedang berlangsung, kami juga berkesempatan untuk melihat laboratorium Ergonomi yang dilengkapi dengan beberapa chamber. Chamber pertama yang kami kunjungi adalah Illumination Chamber. Illumination Chamber adalah salah satu fasilitas yang digunakan untuk penelitian yang dapat mengontrol pencahayaan dan visual. Di dalam chamber ini juga terdapat beberapa alat lainnya, salah satunya adalah eye tracking control yang dapat mendeteksi perubahan mata sesuai dengan rangsangan. Terdapat pula beberapa alat bantu lainnya seperti panel uv yang disusun pada langit-langit chamber yang tingkat pencahayaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Situasi Illumination Chamber
Sumber: Widyasari, 2018

Kemudian kami mengunjungi chamber berikutnya, yaitu Climate Chamber. Climate Chamber adalah salah satu fasilitias berbentuk ruang yang digunakan untuk mengkondisikan suatu ruangan dengan mengontrol kelembapan dan temperatur ruangnya. Dari climate chamber dapat diperhatikan perubahan perilaku pengguna ruang ketika temperatur dan kelembapan berubah.

Situasi Climate Chamber
Sumber: Widyasari, 2018

Chamber yang terakhir kami kunjungi adalah Sterile Chamber. Sterile Chamber adalah sebuah fasilitas yang berbentuk ruang kedap, dan diberikan kamera untuk memperhatikan perubahan perilaku pengguna ruang jika dikondisikan kedap bunyi dan kedap udara bebas.

Situasi Sterile Chamber
Sumber: Widyasari, 2018