Sebagai seseorang pebisnis, penting bagi kita untuk dapat menganalisis dan menentukan segmentasi pasar dan pasar sasaran yang tepat bagi produk yang akan ditawarkan ke pasar.

Terdapat beberapa teknik untuk menentukan segmentasi pasar (Kotler dan Armstrong, 2014):

  1. Berdasarkan demografi
  2. Berdasarkan geografi
  3. Berdasarkan psikografi
  4. Berdasarkan perilaku

Selain itu, segment pasar harus memenuhi beberapa kriteria berikut (Kotler dan Armstrong, 2014):

  1. Dapat diukur
  2. Dapat diakses dan dijangkau
  3. Substansial
  4. Dapat dibedakan dengan jelas antar segmen pasar tersebut
  5. Dapat dilakukan

Setelah mengevaluasi setiap segmen pasar tersebut, maka selanjutnya kita akan menentukan pasar sasaran mana yang akan kita pilih serta dapat dibuatkan cara komunikasi dan penyampaiannya melalui marketing mix yang terdiri dari elemen produk, harga, lokasi, dan promosi.