Internet of Things atau disingkat dengan IoT merupakan sebuah konsep yang sedang menjadi trend sekarang ini. Secara kata dalam Bahasa Indonesia Internet of Things artinya adalah internet dari benda-benda, hmm..agak janggal artinya jika kita definisikan secara Bahasa. Secara lebih umum Internet of Things dapat diartikan sebagai benda-benda yang ada di sekitar kita yang dapat berkomunikasi satu dengan lainnya melalui jaringan internet. Konsep Internet of Things pertama kali diperkenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999, beliau adalah co-founder Auto-ID Center di MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Sumber gambar: https://ethw.org/Kevin_Ashton

IoT dapat diterapkan pada berbagai macam bidang dalam kehidupan keseharian manusia, seperti pada bidang industri, kesehatan dan pendidikan. Salah satu contoh penerapan IoT dalam bidang pendidikan adalah smart classroom. Sesuai dengan namanya, smart classroom merupakan ruang kelas pintar yang dibuat dengan tujuan membantu proses pembalajaran antara guru dan murid baik dalam hal yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan proses pembelajaran.

STTK Binus Bandung saat ini sedang mengembangkan smart classroom. Smart classroom yang dikembangkan memiliki beberapa fitur antara lain adalah smart presensi, pengaturan suhu ruangan otomatis dan pengaturan pencahayaan otomatis. Dalam pengembangannya, digunakan microcontroller, sensor-sensor dan smartphone. Microcontroller yang digunakan adalah Raspberry pi 3B, Arduino Uno dan NodeMCU. Networking yang digunakan selain menggunakan HTTP juga digunakan MQTT.

STTK Binus Bandung memiliki kurikulum yang didalamnya terdapat materi pembejalaran IoT. Materi IoT jarang ditemukan pada kampus-kampus yang ada di Indonesia secara khusus, STTK Binus Bandung menjadi kampus yang mempelopori penerapan materi IoT sebagai materi kuliah. Diharapkan dengan pemberian materi IoT, mahasiswa STTK Binus Bandung akan mendapatkan pengetahuan tentang konsep IoT dan dapat mengembangkannya di masyarakat baik selama mahasiswa tersebut masih berkuliah maupun setelah nanti mereka lulus.

Wassalam-bobsis.