Cahaya memainkan peran penting dalam kehidupan kita, sering kali kita tidak terlalu sadar akan hal itu. Mengubah cahaya akan mengubah suasana ruang pula, dan bahkan perubahan sebuah skema cahaya yang paling sederhana pun akan berdampak dramatis dan mengejutkan.

Bagaimana anda menata cahaya pada rumah anda sama pentingnya dengan saat anda menata, merancang atau mendekorasi. Pada umumnya orang akan lebih fokus kepada elemen dekoratif, tetapi hanya sedikit yang memperhatikan pencahayaan.

daylight-interior-skylight.,- InteriorDesign.id

Cahaya merupakan sesuatu yang secara fisik tidak dapat kita genggam atau pegang. Efeknya susah ditebak karena bisa berubah tergantung dimana kita mengarahkan jatuhnya sinar ataupun berubah karena apa yang ada disekitarnya. Armature lampu dan bohlam yang sama juga bisa menghasilkan efek yang berbeda tergantung dimana dan bagaimana kita menempatkannya.

Perencanaan pencahayaan yang baik tidaklah susah. Jika sebuah ruang diberi pencahayaan yang baik, sudah pasti akan tampil menarik dan mengundang. Jika kita mengerti jenis-jenis sumber cahaya yang tersedia dan perbedaan kebutuhan pencahayaan untuk ruang yang berbeda pula, maka kita siap untuk memulai memilih, positioning dan layering pencahayaan pada ruangan.

InteriorDesign.id

Begitu kita memilih lampu yang tepat dan menempatkannya diposisi yang benar, langkah selanjutnya adalah mengontrol intensitas cahaya. Menciptakan tingkat cahaya yang cukup terang untuk aktivitas kerja atau menyediakan cahaya yang berintensitas rendah untuk menciptakan “mood”. Manipulasi sederhana dari sumber pencahayaan fix adalah kunci keberhasilan untuk ruang multifungsi. Pada intinya adalah, kita harus bisa menyediakan tingkat intensitas cahaya yang sesuai untuk berbagai macam keperluan dan pada waktu yang berbeda-beda setiap hari.