Kata entrepreneur berasal dari bahasa perancis “entre” yang memiliki arti diantara dan “prendre” yang memiliki arti mengambil. Kedua kata tersebut kemudian digunakan secara luas  untuk menjabarkan  seseorang yang berani mengambil resiko yang terjadi antara penjual dan pembeli, atau seseorang yang mengambil peran sebagai pendiri perusahaan baru.

Tidak ada jalan yang mudah untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Entrepreneur harus berjuang keras dan tak kenal putus asa.  Menurut Bruce R. Barringer dan R. Duane Ireland, seorang entrepreneur sukses harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Memiliki passion terhadap bisnis. Passion atau ketertarikan terhadap bisnis akan memberikan pengaruh positif terhadap keberlangsungan usaha.
  2. Fokus terhadap produk dan pelanggan. Produk yang kita tawarkan harus menarik minat pelanggan. Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Percuma apabila kita memiliki produk bagus namun tidak ada yang membelinya.
  3. Tidak takut gagal. Entrepreneur mengambil resiko untuk mencoba sesuatu yang baru. Seperti saat mencoba membuat resep makanan baru, kemungkinan gagal selalu ada. Yang penting, entrepreneur memiliki keinginan untuk kembali mencoba dan belajar dari kesalahan.
  4. Kemampuan untuk mewujudkan suatu ide menjadi bisnis. Banyak orang memiliki ide bagus namun tidak bisa mewujudkannya. Seorang entrepreneur yang sukses mampu mewujudkan visi nya menjadi kenyataan.