Salah satu dosen Binus Bandung, Ignatius Edward Riantono, S.E., M.Ak, memberikan pelatihan mengenai Akuntansi Pesantren di Pondok Pesantren Darut Taubah. Pondok Pesantren ini berlokasi di Kelurahan Kebon Jeruk, yang berdekatan dengan Sekolah Tinggi Teknologi Kreatif Bina Nusantara Bandung.

 

Pengembangan pesantren secara khusus telah  menjadi salah satu target pengembangan ekonomi syariah mengingat perannya yang juga cukup strategis. Program peningkatan kemandirian ekonomi Pesantren akan memberikan kemampuan bukan hanya dalam aspek ekonomi, akan tetapi juga dalam hal penciptaan insan-insan yang memiliki akhlak yang baik dan juga andal dalam aspek ekonomi. Salah satu program untuk mendorong peningkatan tata kelola yang baik di lingkungan Pesantren yaitu melalui tersedianya laporan keuangan yang memenuhi standar akuntansi yang diterima secara luas dan diterima berbagai pihak.

 

Untuk itulah materi mengenai Akuntansi Pesantren dibawakan oleh Pak Ignatius Edward kepada para pengurus dan penghuni Pondok Pesantren Darut Taubah agar pengelolaan serta laporan keuangan mereka dapat berjalan dengan baik. Para pengurus dan santri baik putra maupun putri mengikuti materi dengan baik dan aktif berdiskusi. Materi Akuntansi Pesantren ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk Pondok Pesantren Darut Taubah dan masyarakat sekitarnya.