People Innovation Excellence
 

MANFAAT MEMPELAJARI ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi, awal mulanya dipelajari karena manusia memiliki kebutuhan (needs) dan keinginan (wants). Kebutuhan dan keinginan manusia itu jumlahnya tidak terbatas (unlimited), sedangkan sumberdaya (sources) yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut jumlahnya terbatas (limited). Ilmu ekonomi mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan sumber daya yang terbatas itu.

Lalu, apa keuntungan dari mempelajari perilaku manusia, yang dalam hal ini biasa disebut juga konsumen. Dari hasil mempelajari perilaku konsumen tersebut kita bisa memprediksi atau memperkirakan kira-kira apa yang akan dilakukan atau tindakan yang akan dilakukan oleh konsumen kedepannya. Hasil prediksi atau perkiraan tersebut bisa digunakan sebagai dasar untuk membuat perencanaan bisnis, menentukan harga, kebijakan pemasaran, kebijakan sumberdaya manusia, bahkan juga untuk membuat kebijakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mempermudah prediksi perilaku dan analisa pada konsumen, Para Ekonom menggunakan bantuan fungsi matematika dan grafik. Perilaku konsumen sehari-hari tersebut dapat dikonversi menjadi suatu model matematika.  Sebagai contoh : bila tabungan kita lambangkan dengan huruf S, pendapatan kita lambangkan dengan huruf I, dan konsumsi sehari hari kita lambangkan dengan huruf C, maka model yang dibuat dari penjumlahan tabungan dan konsumsi seorang konsumen adalah prediksi jumlah pendapatan seseorang konsumen tersebut. Atau apabila digambarkan dalam fungsi matematikanya akan menjadi sebagai berikut:

S + C = I

Apabila terjadi perubahan pola konsumsi dan tabungan dari seorang konsumen, kita dapat melakukan perhitungan untuk memprediksi perubahan pada pendapatannya.

Jadi kesimpulannya dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita dapat menganalisa perilaku konsumen dan masyarakat. Kita juga bisa memprediksi pengaruh kebijakan pemerintah terhadap perilaku konsumsi dan menabung pada konsumen dan masyarakat tersebut. Pada akhirnya kita dapat membuat analisis serta langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu profit atau keuntungan dan juga keberlanjutan usaha atau sustainability.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close