People Innovation Excellence

Brainstorming Dan Mind Mapping Sebagai Bagian Dari Pemecahan Visual

Brainstorming sangat dibutuhkan dalam proses pencarian ide kreatif. Hal ini diimplementasikan dalam kegiatan di jurusan Desain Komunikasi Visual BINUS@Bandung. Dalam mata kuliah studio Desain Komunikasi Visual 1 semester dua, mahasiswa angkatan 2021 melakukan brainstorming. Strategi ini diperlukan untuk mencari makna konotatif dari objek utama yang telah ditentukan.

Proses pertama yang dilakukan adalah pembagian kelompok, dalam satu kelas dibagi menjadi delapan kelompok. Setiap kelompok memiliki objek utama yang berbeda-beda, contohnya sebuah kelompok yang terdiri dari lima orang mendapatkan objek utama yaitu buah jeruk. Dari kata jeruk setiap mahasiswa harus memikirkan sebanyak-banyaknya kata kunci yang berhubungan. Lalu kata kunci itu dituliskan pada secarik kertas dan ditempelkan diselembar kertas besar.

Setelah  puluhan kata kunci dihasilkan, masuk pada proses selanjutnya yaitu mahasiswa harus mereduksi kata-kata kunci yang kurang berhubungan dengan objek utama. Itulah Brainstorming yang dilakukan mahasiswa Desain Komunikasi Visual BINUS@Bandung angkatan 2021.

Proses berikutnya adalah mengubah hasil brainstorming dalam bentuk mind map. Proses yang dilakukan yaitu membuat mind map visual dengan menggambarkan buah sebagai objek utama di tengah kertas dan menghubungkannya dengan kata kunci yang sudah dipilih sebelumnya. Kata-kata kunci yang sudah dipilih tersebut digambarkan/divisualisasikan. Objek utama dihubungkan menggunakan garis-garis bantu yang bisa dibuat dalam bentuk apapun.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close