People Innovation Excellence

Knowledge Sharing Bersama Daryl Wilson (KUMATA STUDIO)

Sekolah Tinggi Teknologi Kreatif BINA NUSANTARA @Bandung, atau biasa disingkat STTK BINUS@Bandung, adalah perguruan tinggi masa depan dengan semangat untuk menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dan diakui secara nasional dalam pengembangan dan penerapan TEKNOLOGI KREATIF dengan tetap berpijak pada nilai-nilai budaya nasional dan khususnya budaya Sunda. Untuk mendukung semangat atau visi tersebut, STTK BINUS @Bandung hadir dengan berbagai program dan kurikulum yang siap mengantarkan para mahasiswanya menuju masa depan yang lebih cerah.

Salah satu program yang telah berjalan hampir selama dua semester ini adalah program Knowledge Sharing. Pada program ini STTK BINUS @Bandung mengundang ekspertis dari luar kampus (pengusaha, professional, pendidik, budayawan sampai dengan seniman) untuk melakukan sharing session baik dengan para mahasiswa maupun dengan staff dosennya.

Sesuai dengan namanya, program Knowledge Sharing ini bertujuan untuk menambah dan membuka wawasan para mahasiswa dan juga dosen terhadap keilmuan yang digeluti, sehingga diharapkan selain ilmu yang mereka dapat di kelas, diperkaya dengan ilmu yang berasal dari ‘luar kelas’. Hal ini menjadi sangat menarik karena khususnya mahasiswa mendapat pengetahuan tentang bagaimana bidang teknologi, industri dan sosial budaya sedang berkembang di luar sana, agar mahasiswa dapat mengkorelasikan keilmuannya dengan dunia industri di luar. Pembicara yang diundang oleh pihak Binus tentu saja atas dasar berbagai pertimbangan dan diskusi para dosen dan pengelola program studi, diharapkan agar ilmu dan pengalaman yang dibagikan dapat memenuhi standard, kebutuhan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Knowledge Sharing yang diselenggarakan pada semester (Genap, 2018-2019) ini agak berbeda dengan semester sebelumnya (Ganjil 2017-2018). JIka semester sebelumnya Knowledge Sharing dikelola oleh masing-masing prodi dan diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan program studi masing-masing. Maka pada semester ini knowledge Sharing bersifat gabungan. Artinya satu event dengan satu pembicara mencakup kebutuhan semua Prodi (Desain Komunikasi Visual, Creativepreneur, Informatics, dan Desain Interior).

Knowledge Sharing gabungan kali ini dilaksanakan pada hari, Jumat, 9 Maret 2018, bertempat di Ruang 903 Kamus STTK BINUS @Bandung. Mengundang Bapak Daryl Wilson, beliau adalah CEO KUMATA STUDIO yang bernaung di bawah PT. KUMATA INDONESIA, beliau juga  sekaligus menjabat sebagai Ketua AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia). Sekilah tentang Bapak Daryl Wilson, beliau menyelesaikan pendidikan S1 Desain Komunikasi Visual di Institut Teknologi Nasional (ITENAS) pada tahun 2004 dengan predikat yang membanggakan, Cum Laude. Berbagai penghargaan dan prestasi berhasil beliau capai diantaranya mendapatkan predikat Best Art Work pada pagelaran BEST DESIGN AWARD, secara berturut-turut , 2002-2004. Beliau juga sempat mengikuti program Animation Workshop Master Class with PIXAR 2014. Bapak Daryl Wilson adalah penggemar film kartun dan juga pembaca komik, agaknya hal ini yang menjadikan beliau begitu berminat pada dunia film dan storytelling, khususnya dalam bidang Animasi. Hobi dan kesukaan beliau menjadi pemicu dan penyemangat yang akhirnya mengantarkan beliau menjadi salah satu tokoh yang cukup dipandang dalam bidang Animasi dan industry Animasi Indonesia, terlebih ketika KUMATA STUDIO dipercaya untuk memproduksi Film SI JUKI THE MOVIE, hal ini semakin memperkuat exposure dan branding KUMATA STUDIO sebagai salah satu studio animasi besar di Jawa Barat, khususnya Bandung. KUMATA STUDIO dibentuk dan berdiri dari tahun 2006, dan sekarang beralamat di Jl. Simpang Pahlawan I, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40124. Berbagai projek, dan karya telah dihasilkan oleh KUMATA, diantaranya Miles n Stones, Biggy Buddy, J-Town dan yang terabaru adalah produksi film Si Juki the Movie karya Faza Meonk. Semua projek tersebut diselesaikan dengan teknik 2D Animation, karena memang KUMATA mengambil focus di area tersebut.

Biggy Buddy
J-Town
Miles and Stones

Begitu banyak yang disampaikan oleh Bapak Daryl Wilson dalam sesi Sharing Knowledge beliau. Mulai dari pengalaman beliau, tips agar dapat menjadi mahasiswa DKV yang sukses, bekal apa saja yang harus dimiliki agar dapat sukses baik selama kuliah maupun pada saat di dunia profesi nanti, dan tentunya tentang industri animasi lokal (Indonesia) juga kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh lulusan sarjana S1 bidang Desain Komunikasi Visual. Cara penyampaian Bapak Daryl Wilson yang menarik seakan beliau sedang bercerita atau mendongeng membuat waktu 3,5 jam seakan terasa begitu cepat, bahkan banyak sekali pertanyaan yang diajukan di akhir sesi. Menurutnya, apabila kita tekun, mencintai dan percaya dengan apa yang kita pelajari maka kita tidak akan mendapatkan kesulitan yang berarti dalam meraih cita-cita kita, tentu saja halangan dan tantangan akan muncul selama usaha kita mencapainya. Modal penting berikutnya yang harus dimiliki adalah kemampuan berfikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan masalah. Bagi Daryl Wilson, industri animasi local saat ini sedang dalam masa yang cukup kondusif hal ini dibuktikan dengan munculnya sejumlah karya film animasi lokal dan juga bermunculannya studio-studio animasi. Peran Daryl Wilson sebagai praktisi industri animasi dan keterlibatan beliau dalam asosiasi industri animasi membawanya menjadi ketua AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia). Beliau bersama AINAKI dan KOMINFO menrumuskan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, khusus untuk bidang ilmu Desain (Animasi). Hal ini sangat berguna bagi mahasiswa terutama dalam mempersiapkan keahlian mereka di area kerja yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

Sesi sharing knowledge diperuntukkan bagi semua mahasiswa dan juga dosen dari seluruh program studi yang ada di STTK BINUS@Bandung. Paparan yang disampaikan oleh Bapak Daryl Wilson mencakup area desain, bisnis dan juga teknologi terkini, hal ini sangat sesuai dengan program studi yang ada di STTK BINUS@Bandung.

Suasana Sharing Knowledge dengan Pembicara Daryl Wilson (KUMATA STUDIO), 9 Maret 2018, bertempat di Ruang 903 Kamus STTK BINUS @Bandung


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close