Sebagai salah satu perguruan tinggi yang baru di Jawa Barat, tentunya Binus @Bandung ingin memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di Indonesia terutama pengembangan Koperasi dan UMKM di wilayah Jawa Barat dan khususnya di area Bandung.

Kegiatan ini ingin juga merupakan salah satu bentuk kontribusi Binus @Bandung dalam rangka pengabdian masyarakat dengan cara memberikan dan membagikan ilmu kepada masyarakat di Kota Bandung dalam bentuk talkshow interaktif.

Kolaborasi Penta Helix yang merupakan kegiatan kerjasama antar lini/bidang Academic, Business, Community, Government, dan Media, atau dikenal sebagai ABCGM diketahui akan mempercepat pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di suatu daerah. Khususnya di Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung perkembangan industri kreatif sangatlah cepat dan beragam, berdasarkan data yang diperoleh dari Portal Data Kota Bandung, jumlah pelaku industri kreatif pada tahun 2014 adalah sebesar 1.078. Peran dari industri kreatif ini terhadap ekonomi kota Bandung juga terbilang signifikan, kontribusinya telah mencapai angka 7.38% ditahun 2016. Industri kreatif yang paling menyumbang peran adalah industri kuliner, fashion, dan kerajinan. Oleh karena itu, Binus @Bandung lebih mengutamakan untuk turut mengembangkan kewirausahaan yang creativity based entrepreneurship atau entrepreneurship in creative industries atau disebut juga dengan creativepreneurship.

Talkshow ini akan lebih menggali bagaimana peran para pelaku bisnis Penta Helix dalam mengembangkan Koperasi dan UMKM khususnya pada industri kreatif dalam rangka pembangunan ekonomi Indonesia terutama di wilayah Jawa Barat dan khususnya di Kota Bandung yang memang sudah terkenal sebagai kota kreatif.  Pelaksanaan talkshow ini bertepatan dengan hari pertama acara Grand Launching Binus @Bandung, yang direncanakan berlangsung 4 hari. Talkshow ini akan dilanjutkan dengan talkshow lainnya yang mengangkat topik “accelerating youth creativepreneurs growth” dengan pembicara beberapa founder muda perusahaan startup.

Hadiri Talkshow:

Sinergitas Penta Helix Mempercepat Perkembangan Provinsi Jawa Barat.

Pembicara :

  1. H. Dudi Sudrajat Abdurachim, MT (Ka. Dinas Koperasi dan UMKM, Jawa Barat)
  2. Meriza Hendri,SIP, MM (CEO STRABIZ Manajemen)

Moderator :

Dr. Rudy Aryanto, SE, MM  (Ka. ProDi. Creativepreneurship, Binus @Bandung)

Hari                 : Rabu

Tanggal           : 27 September 2017

Waktu             : 13:05 – 14:00 WIB

Tempat           : Grand Ballroom Atrium PasKal 23 Hypersquare. Jln. Pasir Kaliki n. 25-27                                       Bandung.