BINUS UNIVERSITY

First Year Program, Inovasi BINUS University Dalam Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru

Memasuki tahun perkuliahan yang baru, BINUS mengadakan First Year Program  (FYP) yang merupakan rangkaian masa orientasi mahasiswa baru yang akan bergabung dan menjadi Binusian. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pengenalan mahasiswa kepada lingkungan kampusnya bahkan hingga sistem perkuliahan yang akan dijalani sebagai Binusian nantinya. Terdapat beberapa rangkaian acara yang ada dalam FYP ini, sehingga membuat aktivitas ini semakin menarik.

Jika kita mendengar sebuah kata tentang orientasi dan perkenalan kampus tentunya terbesit di benak kita tentang ospek. Fenomena ini sering kali menjadi momok yang menyeramkan karena terkesan “dikerjai” oleh senior-senior yang telah terlebih dahulu menempuh pendidikan di sebuah kampus. Jauh dari kata menyeramkan, FYP yang diadakan BINUS tentunya 100% nyaman untuk diikuti oleh seluruh calon mahasiswa.

Disini bukan hanya dilatih untuk dapat mengenal kampus dan sistemnya, dalam kesempatan ini juga merupakan waktu yang pas untuk berkenalan dan mendapatkan teman-teman yang akan menjadi partner seperjuangan dalam menempuh pendidikan. Tidak hanya itu, dibangun juga sebuah karakter untuk dapat menjadi pelopor semangat Fostering and Empowering the society setelah lulus dikemudian hari.

Dalam kesempatan ini juga ditanamkan kepada Binusian sebuah arti integritas, dimana mencontek adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji dan dilarang keras dalam lingkungan kampus BINUS. Bahwa, bila saja ada mahasiswa yang berani mencotek akan dapat ganjaran hukuman drop out. Ditanamkan juga semangat kerjasama, innovative dan kerja keras dalam setiap acara yang telah disusun oleh panitia.

Beberapa diantara acara tersebut dimulai dari keseruan yang muncul dari senam poco-poco Bersama dan tarian greater nusantara. Kemudian keseruanpun berlanjut dan terlihat juga dalam senyum para Binusian ketika diajak berkeliling untuk berkenalan dengan unit kegiatan Mahasiswa yang ada di BINUS melalui acara Expo. Tentunya semua mengedepankan aspek kenyamanan para mahasiswa dan kekeluargaan.

Tentunya, program yang dilaksanakan oleh BINUS University adalah pembawa semangat positif dan jauh dari unsur negatif. Karena dalam FYP ini mahasiswa akan dibimbing, diarahkan serta dibantu oleh Freshment Leader (FL) dan Freshment Partner (FP) yang selalu siap sedia ketika Binusian membutuhkan bantuan dan informasi. English Tutor (ET) juga dipersiapkan dalam rangka membantu dalam mendalami Bahasa inggris bagi pengetahuan Binusian.

BINUS University merupakan universitas yang sangat ramah terhadap teknologi, karenanya Binusian akan diarahkan untuk mengerti dan mendalami sistem perkuliahan yang ada di BINUS. Setiap Binusian juga akan dibekali oleh atribut BINUS yang disebut sebagai SPIRIT yang menjadi acuan bagi semangat untuk terus maju. Atribut tersebut adalah Striving For Excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation dan Team Work.

Tentunya ini adalah kontribusi dari BINUS University kepada Nusantara, bukan hanya membekali dengan pengetahuan namun juga karakter yang positif. Wujud-wujud tersebut, dinyatakan bahkan dalam sebelum Binusian menjalani perkuliahan regular. FYP ini merupakan salah satu caranya, dimana Binusian akan meningkatkan setiap potensial yang ada dalam dirinya, dikembangkan dan hingga pada akhirnya siap untuk membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan lebih baik.