BINUS UNIVERSITY

Digital Library Sebagai Wujud Pemerataan Pendidikan Bagi Masyarakat Indonesia.

Jakarta, 17 Juli 2019 – Seiring dengan kemajuan teknologi serta memasuki era revolusi industri 4.0, banyak sektor yang mulai berbenah. Selain sektor industri dan perekonomian yang terkena dampak langsung, sektor pendidikan turut berbenah dalam mempersiapkan generasi muda yang siap bersaing dalam era tersebut. Bahkan Kementrian Pendidikan Republik Indonesia sudah menetapkan untuk meningkatkan literasi data, teknologi dan Sumber Daya Manusia dalam kurikulum pendidikan, sehingga tidak hanya akan menghasilkan generasi yang tidak hanya unggul dalam hal penguasaan teknologi dan ilmu, namun juga mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan baik dengan sesama manusia.

BINUS University sebagai perguruan tinggi yang dikenal unggul dalam bidang pendidikan teknologi dan informasi berupaya mendidik mahasiswa yang tidak hanya mampu menguasai teknologi, namun juga memanfaatkannya untuk memberdayakan masyarakat. Salah satunya adalah Digital Library, karya  Edward Evannov, Santo Wiguna dan Hendry Lie, dengan dibimbing oleh Dr. Rinda Hedwig, yang memiliki konsep perpustakaan berupa komputer kecil berbasis Raspberry Pi, yang memberikan akses berupa konten-konten bermuatan pendidikan yang berguna bagi penggunanya dalam format e-book (buku digital) maupun audio-visual (video). Digital library ini sudah didistribusikan ke berbagai daerah terpencil di Indonedia, seperti Sumatera Utama, Kalimantan Barat, hingga Papua.

Pada (17/7), BINUS menandatangani kerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Bank Mandiri yang berupa pembangunan perpustakaan digital di seluruh pelosok Indonesia dengan bantuan lebih dari 10.000 buah PC bekas layak pakai yang akan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

WVI akan memberikan data mengenai kebutuhan dan tempat dimana perpustakaan digital hendak disebarluaskan, Bank Mandiri akan menyumbangkan komputer bekas layak pakai yang berasal dari kantor cabang di beberapa daerah, dan BINUS akan mempersiapkan konten serta aplikasi berbasis Windows untuk perpustakaan digital.

Diharapkan kerjasama ini dapat membantu dan berkontribusi pada program pemerintah untuk memperluas pemerataan pendidikan dan penggunaan teknologi pada generasi muda Indonesia.