BINUS UNIVERSITY

BANTU BUNDA, Bantuan pengasuh balita melalui satu klik

Tak henti-hentinya mahasiswa BINUS yang selalu berprestasi dalam berkaya dan menciptakan sesuatu yang berguna bagi banyak orang. Hal yang sama inilah selalu ditunjukkan BINUS sebagai kampus yang selalu bersemangat untuk menyebarkan misi Frostering and Empowering kepada masyarakat Indonesia. Membina dan memberdayakan dilakukan untuk menyebarluaskan apa yang menjadi nilai dalam berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Kali ini datang dari acara yang bernama BINUS Festival, yaitu sebuah acara yang diselenggarakan oleh BINUS University untuk mengakomodasi aspirasi mahasiswanya. Acara ini diselenggarakan untuk menampung apa yang menjadi kreatifitas, dan pada akhirnya direalisasikan dalam bentuk karya yang dikemas dalam konsep berbisnis. Dimana para mahasiswa diajak untuk membentuk bisnis mereka, memproduksinya, hingga sampai pada memasarkannya.

Salah satu yang menarik pada acara BINUS Festival 2019 ini adalah ada pesertanya yang membuat aplikasi yang bernama Bantu Bunda. Dimana aplikasi ini dikhususkan bagi para orang tua untuk menolongnya hanya melalui sebuah klik pada smartphone mereka. Aplikasi ini mempunyai fungsi sebagai suatu platform yang menawarkan kenyamanan bagi setiap orang tua dalam mengakomodasi fasilitas online dalam sebuah layanan babby sitter atau penjaga balita.

Visi dari dibentuknya aplikasi ini sebagai sebuah karya entrepreneur adalah sebagai sebuah solusi yang inovatif untuk menghadapi masalah orang tua pada umumnya khususnya dalam bidang mengasuh bayinya. Sedangkan ada tiga misi yang ingin dikejar melalui aplikasi yang hadir ini yaitu menciptakan aplikasi yang reliabel yang dapat dirasakan oleh setiap orang, mengakomodasi kualitas servis terbaik dan selalu meningkatkan kualitas dari sumber daya yang ada.

Lebih jauh mengenai aplikasinya, Bantu Bunda diklaim dapat menawarkan jasa yang diharapkan pengguna dalam hal ini khususnya orang tua yang membutuhkan layanan pengasuh balita dalam aplikasi digital platform. Sehingga pengguna nantinya dapat memilih sendiri untuk pilihannya terkait kriteria yang mereka cari, dan sisanya harga akan mengikuti kebutuhan yang mereka cari.

Dari presentasinya, Bantu Bunda akan menjalan kan beberapa tahap dalam proses bisnisnya yaitu; pertama, pengguna akan mencari partner agensi yang akan mengasuh bayi mereka, kedua akan melakukan dealing terhadap kontrak, ketiga pengguna akan mendapatkan promo di website Bantu Bunda, selanjutnya pengguna akan memilih baby sitter yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Selanjutnya, pengguna akan mengisi formulir penyewaan lalu melakukan pembayaran, akhirnya baby sitter akan melakukan tugasnya sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

Bantu Bunda dibuat oleh Candrika Dharani, Fatur Mirza, Awilia Apdika, Sebastian Agung, Dikcy Hardiyanti, dan Bryan Marcello. Dari tangan-tangan dan pemikiran merekalah aplikasi Bantu Bunda ini dapat tercipta, mereka juga mengemukakan bahwa aplikasi ini mempunyai tiga nilai penting yang akan sangat berguna dan menjadi pembeda di masyarakat yaitu ; kenyamanan, jaminan dan inovasi.

Memberikan kenyamanan yang tersertifikasi dalam pencarian pengasuh balita, menyediakan jaminan aman yang diberikan kepada anak yang akan diasuh dan memberikan cara baru yang modern dalam permintaan mengasuh anak. Inilah ide-ide kreatif yang berhasil digagas dan diciptakan untuk nusa dan bangsa.