People Innovation Excellence

Widodo Jadi Guru Besar Kecerdasan Buatan di Universitas Binus

TEMPO.COJakarta – Universitas Bina Nusantara mengkukuhkan Prof  Dr Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom sebagai guru besar termuda bidang kecerdasan buatan.  Prof Widodo dikukuhkan di Auditorium Binus, Kampus Anggrek Jakarta pada Rabu, 23 Agustus 2019.

Rektor Bina Nusantara (Binus), Harjanto Prabowo mengaku bangga mengukuhkan guru besar termuda di kampusnya.

“Kita sangat bangga dan menyambut guru besar kita yang baru di bidang kecerdasan buatan,” ungkap dia.

Prof. Widodo mendapatkan gelar guru besar pada usia yang cukup muda yaitu 40 tahun. Dia mengatakan bidangnya di kecerdasan buatan atau artifisial inteligence yaitu mengembangkan sistem yang dapat berpikir dan berprilaku secara cerdas.

“Sistem komputer yang kita kembangkan, sistem aplikasi yang kita kembangkan, sistem robot yang kita kembangkan, itu dia bisa berpikir sendiri,” katanya.

Dalam bidang kecerdasan buatan yang dia tekuni,  Widodo menyebutkan pentingnya kecerdasan buatan untuk masa sekarang.

“Karena kata kunci kehidupan masa depan kita adalah hidup bersama robot,” ujar dia.

Harjanto menjelaskan bidang kecerdasan buatan memiliki masa depan yang cerah di era teknologi seperti sekarang. “Salah satu komplemen penting dalam digital trasformation yaitu artifisial inteligence,” katanya.

Widodo menjadi guru besar termuda bidang kecerdasan buatan di Binus. Prestasinya antara lain memiliki 9 hak kekayaan intelektual di bidang kecerdasan buatan.  Salah satu produk robotnya adalah kursi roda yang dapat bergerak dengan kemampuan otak.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close