BINUS UNIVERSITY sebagai universitas yang memiliki visi menjadi World-class University yang terus berinovasi untuk menghasilkan lulusan terbaik yang dapat berkontribusi pada pembangunan Nusantara. Karena itu, BINUS UNIVERSITY menghadirkan pendidik-pendidik yang berkualitas dan ahli dalam berbagai bidang ilmu yang ada di BINUS UNIVERSITY.

Pada 23 Agustus 2017 BINUS UNIVERSITY telah mengukuhkan Prof. Widodo Budiharto sebagai Guru Besar BINUS UNIVERSITY. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi BINUS UNIVERSITY sebagai institusi pendidikan tinggi yang saat ini sudah memiliki 9 guru besar yang aktif mengajar para mahasiswa. Dengan dilantiknya Prof. Widodo akan menambah daftar guru besar BINUS UNIVERSITY menjadi 10 guru besar.

Professor Widodo adalah Professor Computer Science pertama di BINUS UNIVERSITY. Di Program Studi Computer Science BINUS, Prof. Widodo mengembangkan kecerdasan buatan seperti Kursi Roda Berbasis Pikiran “Ratanggalih” dan robot edukasi “BIMAX”. Keinginan besar Prof. Widodo adalah untuk membantu kaum difable dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia membuat Ia selalu mencoba menemukan inovasi terbaru yang kelak berguna bagi nusa dan bangsa. Hingga saat ini Prof. Widodo telah menulis 36 buku, puluhan  paper dan jurnal internasional bereputasi.

Selain menjadi professor pertama di Computer Science BINUS UNIVERSITY, Prof. Widodo merupakan Profesor termuda yang dilantik menjadi guru besar saat berumur 40 tahun. Prof. muda BINUS UNIVERSITY ini memiliki nilai hidup yang memotivasi tidak hanya mahasiswa dan dosen yaitu “Dengan dedikasi tinggi dalam bekerja ditambah dengan inovasi akan menghasilkan inovasi.”

Pria yang memiliki hobi Gaming dan Coding ini berpesan kepada para mahasiswa untuk menempuh pendidikan di masa kuliah sebaik mungkin, dan mengembangkan soft skills dan hard skills baik di dalam dan di luar kampus. Sedangkan untuk para dosen BINUS UNIVERSITY ialah agar terus meningkatkan kualitas publikasi.

Pelantikan Prof. Widodo semakin mempertegas langkah BINUS UNIVERSITY dalam memberikan pendidikan terbaik menuju cita-cita universitas kelas dunia, sesuai dengan visinya A World-class university, in continuous pursuit of innovation and enterprise. (Billy Leonard)

 

Sekilas tentang Prof. Dr. Widodo Budiharto, S.Si. M.Kom.

Prof. Dr. Widodo Budiharto lahir di Tanjung Pinang pada tanggal 27 April 1977. Beliau adalah anak ke 5 dari 5 bersaudara, pasangan Drs. H.M. Ihsan Suhardi dan Suhandari. Beliau menghabiskan masa kecilnya hingga lulus SD di Tanjung Pinang dan Pekanbaru. Setelah itu, Prof. Widodo melanjutan sekolah di SMP Negeri 10 Jakarta dan berhasil masuk SMA Negeri 1 Budi Utomo Jakarta pada tahun 1995. Baca selengkapnya mengenai Profil, Achievement, dan Buku dari Prof. Dr. Widodo Budiharto, S.Si. M.Kom  di link ini http://socs.binus.ac.id/widodo/