Pada tanggal 12 Mei 2017, BINUS UNIVERSITY meluncurkan ‘Warung Prancis’ di kampus Anggrek, sebuah area terbuka bertema Prancis sebagai bentuk dukungan atas kolaborasi yang lebih besar antara BINUS UNIVERSITY dan Institut Français d’Indonésie (IFI). Warung Perancis merupakan salah satu langkah dari BINUS UNIVERSITY dalam memperkuat hubungan dengan sektor higher education Prancis di mana BINUS UNIVERSITY saat ini adalah anggota dari French Indonesian Consortium for Engineering and Management; BINUS UNIVERSITY juga merupakan peserta aktif dari Joint Working Group programme yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dan Prancis sebagai bagian dari Kerjasama Indonesia-Perancis dalam bidang Higher Education dan Riset yang dilaksanakan setiap tahunnya. Telah hadir dan sekaligus meresmikan pada acara persemian ‘Warung Prancis’ adalah Atase Kerja Sama Universitas dari IFI, Mr. Antoine Devoucoux du Buysson dan Direktur BINUS Global, Ibu Karen Imam. Dengan demikian, Warung Perancis, akan memberikan informasi mengenai program pertukaran serta inisiatif transfer teknologi bagi siswa dan staf, yang selanjutnya memperkuat kapasitas BINUS UNIVERSITY untuk terlibat dengan mitra internasional terkemuka untuk membangun kesuksesannya dalam menghasilkan lulusan yang berwawasan global.

 

Sebagai bagian dari Warung Perancis, BINUS UNIVERSITY bertekad untuk menunjukkan keberhasilan kerjasama saat ini dengan universitas-universitas ternama di Perancis, yaitu Sekolah Bisnis Burgundy, Sekolah Manajemen IESEG, ISTC – École de Communication, dan ISC Paris School of Management dan banyak lainnya. Peresmian Warung Perancis ini menampilkan sesi kuliah dari dosen tamu dan juga berbagi atau sharing pengetahuan dari siswa pertukaran BINUS UNIVERSITY yang saat ini belajar dan juga alumnus dari Perancis yang memberikan wawasan tentang pengalaman luar negeri mereka. Pada tahun 2016, BINUS UNIVERSITY menerima sekitar 400 mahasiswa internasional dimana sebagian besar siswa berasal dari Perancis, Belanda, dan Korea Selatan. Dengan peningkatan jumlah mahasiswa setiap tahunnya, terutama dari Perancis, hal ini menggambarkan adanya ketertarikan pada sistem pembelajaran pendidikan tinggi di antara mahasiswa universitas yang terdaftar di Indonesia maupun Perancis. Selanjutnya, Warung Perancis juga akan menyediakan informasi tentang budaya Prancis, kehidupan siswa di Perancis, dan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Perancis; Perancis menjadi semakin popular sebagai tujuan Pendidikan bagi pelajar Indonesia.

Melalui Warung Perancis, BINUS UNIVERSITY berharap dapat memperluas jaringan mitra internasional. Dalam memperkuat hubungannya dengan mitra universitas Perancis, BINUS UNIVERSITY akan lebih membekali siswa-siswanya dalam mencapai pengetahuan, keterampilan, dan jaringan agar sukses sebagai pemimpin industri global