People Innovation Excellence

Mengenal Lebih Jauh Tentang Digital Forensik dan Cyber Security

 

Pesatnya perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi pada berbagaiaktivitas manusia memberi dampak yang positif untuk beberapa aspek kehidupan. Perkembangan teknologi banyak memberikan kemudahan bagi penggunanya, dan menjadikan pekerjaan jauh leih efektif dan efisien. Namun di sisi lain, perkembangan teknologi juga memberikan dampak negative  yang tentunya tidak bisa disangkal. Dengan kecanggihan perangkat-perangkat digital sekarang ini, kejahatan dapat dilakukan dengan canggih menggunakan alat-alat yang belum mempunyai fitur teknologi tinggi.

Jika diteliti kebelakang, banyak sekali kasus-kasus yang mencuat dan disadari atau tidak, kebutuhan akan digital forensik dan kemampuan cyber security mulai bermunculnya, seiring dengan kasus-kasus kejahatan khususnya di bidang computer (cyber crime) dan digital forensic, guna mendukung investigasi pada kasus kejahatan, contohnya kasus yang sedang ramai diperbincangkan, yaitu kasus racun Sianida Wayan Mirna, dimana kasus tersebut membutuhkan ahli digital forensik untuk bisa menganalisa bukti otentik berupa CCTV.

Pada hari Kamis, 6 Oktober 2016, bersama dengan 3 dosen dari BIN US UNIVERSITY, akan membahas mengenai pentingnya kebutuhan akan hal tersebut. Bapak Aditya Kurniawan selaku Software Engineering BINUS mengungkapkan bahwa butuh keahlian khusus untuk bisa menjadi seorang digital forensik. Data yang di analisis merupakan data yang berbeda, dan seorang digital forensik harus bisa menganalisis seperti data suara, gambar, teks dan data video. selain itu seorang digital forensik harus mampu menganalisis data-data yang belum ter-structure sehingga bisa dijadikan data yang otentik.

Perkembangan  teknologi yang begitu pesat ini, bisa dijadikan pelajaran baik dari segi negative maupun positif. Bapak Aditya mengatakan, meskipun di Indonesia sendiri undang-undang mengenai digital forensic belum cukup jelas, tetapi beliau berharap banyak mahasiswa lulusan BINUS yang pakar di bidang untuk, demi membantu kemajuan Indonesia. (PM)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close