BINUS Media & Publishing merupakan unit pendukung dari BINA NUSANTARA yang berkontribusi dalam penerbitan karya-karya ilmiah dari hasil kajian dan penelitian para dosen, mahasiswa, karyawan, dan alumni.

ENCAPSULATION IN UNIVERSITY : Manajemen Teknologi Informasi dan Pengetahuan di Perguruan Tinggi

Penulis  : Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM
Tahun    : 2013
Dimensi
: 17 x 24 cm ; 178 Halaman
ISBN
      : 978-602-14558-2-1
Harga    : Rp 90.000,-

aaaa

Buku ENCAPSULATION IN UNIVERSITY : Manajemen Teknologi Informasi dan Pengetahuan di Perguruan Tinggi, secara khusus membahas tentang Manajemen Teknologi Informasi dan Pengetahuan di Perguruan Tinggi. Pembahasan dalam buku ini mencakup aspek-aspek penting bagi pengelola perguruan tinggi, khususnya untuk pimpinan (atau calon pemimpin) perguruan tinggi dalam menjawab tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara lengkap dan spectrum yang luas dari sudut pandang dan lingkup tugas pimpinan perguruan tinggi.

Isi yang disajikan dalam buku ini mengupas lebih banyak mengenai pengalaman langsung penulis yang telah lebih dari 24 tahun berkarya di bidang pendidikan tinggi, baik sebagai dosen, pengelola, maupun sebagai konsultan bidang manajemen strategis dan manajemen sistem informasi perguruan tinggi.

 

RISET DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU : Konsep dan Metode Praktis untuk Industri Pangan

Penulis    : Dr. Ir. Ingrid S. Surono, MSc; Priyo Waspodo Ir., MSc.; Prof. Ir. Bahtiar S.                       Abbas, MSc., PhD
Tahun     : 2014
Dimensi  : 17 x 24 cm ; 242 Halaman
ISBN        : 978-602-70101-6-1
Harga      : Rp 90.000,-

bbbbb

Keanekaragaman sumber hayati yang dimiliki Indonesia masih belum dimanfaatkan secara optimal. Kekuatan daya saing dari produk pangan yang dihasilkan oleh negara maju terutama adalah karena penggunaan dan penerapan teknologi, prinsip sain dan sistem manajemen modern yang masih kurang dikuasai oleh industri pangan lokal.

Buku ini disusun berdasarkan pengetahuan dan pengalaman praktis para penulis di bidang teknologi pangan dan statistik, yang diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut diatas, dan dapat menstimulir para peneliti untuk terus menggali dan membina potensi sumber-daya alam Nusantara sehingga menghasilkan produk unggulan yang kompetitif bertaraf internasional serta mampu menciptakan lapangan kerja, serta menghemat devisa dengan menekan aktivitas impor.

Buku ini ditujukan untuk para Mahasiswa teknologi pangan, atau pelaku industri pangan yang berkecimpung dalam kegiatan riset dan pengembangan produk, terutama yang sudah mempelajari dasar-dasar teknologi pangan, dasar-dasar statistika, untuk dapat memahami konsep dasar dan metodologi dalam kegiatan riset dan pengembangan produk baru yang inovatif, dengan cara yang sistematis, objektif, dan terukur.

 

KARAKTER UNYU NGANIMASI

Penulis     : Bambang Gunawan Santoso
Tahun       : 2014
Dimensi    : 17 x 24 cm; 216 Halaman
ISBN          : 978-602-1138-10-6
Harga       : Rp 90.000,-

ccccc

Perkembangan trend terbaru adalah masuknya budaya pop Korea ke Indonesia sejak awal tahun 2009. Yang menarik dan nyaris terdapat pada semua desain karakter dan film serial animasinya adalah selalu “cute”, lucu, menggemaskan, atas yang disebut oleh remaja sekarang dengan istilah “unyu”. Buku ini memberikan sedikit pencerahan akan hal unyu, menampilkan semacam studi banding ringan tentang beberapa contoh karakter unyu buatan Korea disertai dengan bisnis dagang karakter yang sukses mengangkat kebudayaan mereka menjadi mendunia.

Buku ini juga menampilkan beberapa karya desain nganimasi teman-teman animator lokal – Indonesia, dimana karya-karya mereka justru jarang muncul di televise swasta nasional, TV lokal, maupun TV berbayar. Pada akhir buku ini, penulis menjelaskan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam berkreasi membentuk karakter, baik pemikiran dan konsep secara teoritis, maupun cara membuat gambar-gambar desain karakter unyu dengan step by step contoh semacam tutorial, mulai dari konstruksi anatomi, skala wajah, sticker, sampai dengan emoticon-nya.

SINTAKSIS JEPANG

Penulis     : Prof. Dr. Sheddy N. Tjandra, M.A
Tahun       : 2013
Dimensi    : 17 x 24 cm ; 264 Halaman
ISBN          : 978-602-14558-6-9
Harga       : Rp 90.000,-

dddd

Buku SINTAKSIS JEPANG ini disusus dengan tujuan untuk menyediakan informasi keilmuan tentang bahasa Jepang sebagai salah satu bahasa asing di Indonesia yang ikut diajarkan di sekolah-sekolah menengah dan perguruan tinggi. Pengetahuan keilmuan yang disajikan dalam buku ini sebagian besar diambil dari ilmu linguistik Barat yang bersumber dari bahasa-bahasa Eropa, tetapi ada sebagian yang diambil dari ilmu bahasa Jepang tradisional yang diciptakan dan dikerjakan dari bumi Jepang sendiri.

Sehingga merupakan salah satu ilmu oriental dari Timur dan dalam bahasa Jepangnya disebut Kokugogaku (secara harfiah bermakna “ilmu bahasa negeriku”) yang mulai digarap diabad ke delapan belas. Buku ini sangat bermanfaat bagi dosen, Mahasiswa atau semua pihak yang berkepentingan, yang ingin mempelajari dan mendalami mengenai Sintaksis Jepang.

KOMUNIKASI POLITIK : Suatu Pendekatan Praktis

Penulis     : Dr. Muhammad Aras, MSi
Tahun       : 2014
Dimensi    : 17 x 24 cm; 142 Halaman
ISBN         : 978-602-1138-02-1
Harga       : Rp 90.000,-

ffffff

Komunikasi Politik berperan penting dalam penyampaian ide dan pesan-pesan perubahan serta di satu sisi, yang juga berfungsi dalam penyerapan harapan, aspirasi, gagasan, yang berkembang dalam masyarakat sehingga menjadi referensi bagi pengambilan kebijakan yang bermanfaat untuk publik. Mereka yang andal dalam komunikasi politik terlihat menguasai persoalan-persoalan di dalam masyarakat dan mampu mengusung program-program yang membumi.

Buku ini mengurai tentang fungsi komunikasi politik, yaitu fungsi agregasi, artikulasi, sosialisasi, partisipasi, dan rekrutmen. Kesemua fungsi ini berinti pada fungsi interaksi yang utamanya perlu dijalankan partai politik kepada masyarakat atau konstituennya secara terus-menerus. Dalam hal ini memang diperlukan strategi dan pengelolaan komunikasi yang andal sekaligus efektif.

BAHAYA & RISIKO PADA PRODUK PANGAN

Penulis     : Dr. Ir. Ingrid S. Surono, MSc; Priyo Waspodo Ir., MSc.
Tahun       : 2014
Dimensi    : 17 x 24 cm; Halaman
ISBN         : 978-602-1138-20-5
Harga       : Rp 90.000,-

gggggggg

Buku ini disusun untuk menambah pengetahuan, pemahaman, dan kepedulian kepada mahasiswa yang berkaitan dengan bidang pangan, para professional yang berkecimpung dalam bidang pengolahan pangan serta kepada msyarakat umum yang berkepentingan dengan pangan, yaitu mengenai berbagai risiko dan kemungkinan bahaya yang ada pada bahan baku dan produk pangan olahan.

Harapannya setelah membaca buku ini, dapat lebih peduli dan berhati-hati dalam hal makanan dan dalam kegiatan pengolahan pangan, serta senantiasa waspada terhadap masalah keamanan pangan. Dalam buku ini diuraikan pula secara singkat mengenai beberapa metode penilaian risiko yang mungkin bagi masyarakat awam sulit dicerna, namun hal ini mungkin diperlukan bagi para akademisi, terutama yang berkecimpung di bidang ilmu pangan dan kesehatan masyarakat.