BINUS UNIVERSITY

Trend Bisnis “Online to Offline”

Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga internet, penggunaan media online sebagai alat pemasaran semakin dilirik oleh banyak pengusaha. Hal tersebut ditambah dengan makin meningkatnya penggunaan smartphone membuat semua hal kini dapat dilakukan hanya dengan sentuhan jari saja. Dari usaha kecil, menengah, sampai dengan perusahaan besar baik yang berskala nasional hingga internasional, mempercayakan strategi pemasaran mereka melalui kemajuan teknologi internet. Adanya fakta akan tingginya pengguna internet di Indonesia menjadi salah satu yang memang memicu pesatnya perkembangan informasi bisnis online tersebut.

Namun yang menarik dari kondisi ini adalah perkembangan bisnis online berbasis aplikasi, dimana dewasa ini, aplikasi sudah menjadi bagian dari masyarakat. Bisnis online berbasis aplikasi saat ini sudah menjadi tumpuan bisnis, karena penggunaannya yang mudah serta praktis ditambah lagi dengan mobilitas masyarakat yang semakin hari semakin tinggi, maka penggunaan bisnis berbasis aplikasi online ini dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dr. Sevenpri Candra selaku Head of Program – Management Dual Degree BINUS UNIVERSITY mengungkapkan bahwa perkembangan bisnis saat ini sudah menjadi “online to offline”. Dimana saat ini dalam pemasarannya, pihak industri banyak menggunakan internet untuk strategi pemasarannya. Sevenpri mengungkapkan, berubahnya sifat konsumen dari online ke offline ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang mencari harga yang lebih kompetitif dengan penggunaan yang mudah. Maka munculah aplikasi-aplikasi yang layanananya lebih praktis dan fleksible untuk digunakan.

Inovasi bisnis online berbasis aplikasi ini tergolong sebagai disruptive technology atau disebut sebagai teknologi yang mengganggu kemapanan teknologi atau sistem sebelumnya. Alumni Doctor of Research in Management di BINUS UNIVERSITY ini menyampaikan bahwa disruptive technology ini merupakan hal yang wajar dalam sebuah perkembangan bisnis.

Diharapkan dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin cepat dan luas, bisa menjadi salah satu kesempatan bagi pebisnis-pebisnis di Indonesia dengan memanfaatkan source yang ada, untuk selalu berinovasi dan mengembangkan pasar bisnis mereka. (PM)

Pak Seven