Pertukaran budaya merupakan sarana baru bagi dua kebudayaan untuk saling mengenal satu sama lain. Pertukaran budaya merupakan hal yang sangat bagus, mengingat kebudayaan merupakan sebuah unsur penting didalam sebuah negara. Budaya merupakan hasil pemikiran suatu masyarakat, yang diwariskan secara turun temurun dan mempunyai andil yang cukup penting dalam perkembangan suatu negara.

Dengan adanya hal tersebut, jurusan sastra Jepang BINUS UNIVERSITY melakukan pertukaran budaya pada tanggal 4 Maret 2016 lalu di Kampus Kijang, bersama dengan 23 mahasiswa dari Osaka University. Kegiatan yang dilakukan selama beberapa jam tersebut diisi oleh kegiatan pertukaran budaya menarik. Dari BINUS, mahasiswa Sastra Jepang menampilkan aksinya seperti Tari Saman dan Tari Bali. Penampilan dari Osaka University-pun tidak kalah menarik. Mereka menampilkan permainan suling yang dibawakan oleh guru mereka, biasa disebut sensei, drama, serta tarian Taiko.

Tidak hanya diisi oleh kegiatan performance, kegiatan ini juga diisi oleh kegiatan presentasi yang akan dilakukan pada tanggal 7 Maret 2016. Dalam kegiatan presentasi ini, mereka diharuskan membuat sebuah kelompok, dimana didalamnya mahasiswa BINUS dan Osaka University diharuskan menjadi satu kelompok, dan membuat presentasi mengenai sebuah topik yang sudah mereka siapkan sebelumnya, dan semua ini harus mereka kerjakan bersama-sama.

IMG_4656

“Harapannya dengan acara ini, sastra Jepang BINUS UNIVERSITY bisa merasakan langsung kebudayaan yang mereka pelajari di tempat kuliah, langsung dari teman-temannya. Mereka bisa langsung melatih Bahasa Jepang mereka, dan merasakan langsung seperti apa Budaya Jepang itu sendiri. Mereka bisa mendapatkan teman baru, mereka juga dapat mendapatkan international experience yang baik, serta networking yang luas”, Ujar Elisa Caroline, Head of Japanese Departement BINUS UNIVERSITY. (PM)

IMG_4637 IMG_4643 IMG_4649 IMG_4662 IMG_4685