BINUS UNIVERSITY

Mahasiswa Binus Ciptakan Robot Berbahasa Indonesia

JAKARTA – Mahasiswa Bina Nusantara (Binus) University kembali membuat gebrakan di bidang robotik. Setelah dua mahasiswa berhasil menemukan kursi roda yang dapat dikendalikan dengan otak, kini tiga mahasiswa lainnya menciptakan intelligent humanoid robot pertama di Indonesia.

Mereka adalah Reinhard Lazuardi Kuwandy, Oey Kevin Wijaya, dan Christian Tarunajaya, mahasiswa tingkat akhir School of Computer Science Jurusan Teknik Informatika Binus University. Awalnya robot tersebut dibuat untuk memenuhi membuat tugas akhir. Siapa sangka, inovasi itu unggul dan menjadi satu-satunya robot humanoid yang bisa berbahasa Indonesia.

“Robot ini mampu mengenali wajah serta ucapan manusia menggunakan bahasa Indonesia, sekaligus merespons dengan bahasa Indonesia juga. Ini merupakan satu-satunya robot humanoid di Tanah Air yang mampu melakukan hal secanggih ini,” ujar dosen pembimbing Dr Widodo Budiharto, S.Si, M.Kom, di Kampus Binus Anggrek, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Widodo menjelaskan, penelitian robot tersebut mendapat dana hibah ristek insinas dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pada 2015. Dosen jurusan teknik informatika itu tak menampik jika proses pembuatan robot membutuhkan dana yang cukup banyak.

“Robot ini dinamai Bimax yang berarti ‘Binus dan maksimum’. Penemuan ini dapat membantu pekerjaan manusia, khususnya di bidang pendidikan dan hiburan,” tutur Reinhard Lazuardi.

Ia menambahkan, mekanisme kerja robot Bimax dimulai dari pengenalan wajah menggunakan kamera, kemudian melakukan pengenalan suara. Robot memproses input suara. Setelah proses penerjemahan selesai, robot akan menjawab pertanyaan yang diajukan.

“Kalau input salah, robot tak mengenali. Dia lalu akan bertanya lagi sampai orang yang mengajak interaksi mengatakan ‘tidak terima kasih’,” tukasnya. (afr)

(rfa)

Sumber:
http://news.okezone.com/read/2016/03/04/65/1327798/mahasiswa-binus-ciptakan-robot-berbahasa-indonesia