BINUS UNIVERSITY

Hebat, mahasiswa binus bikin robot yang bisa kita ajak ngomong pake bahasa indonesia 

Tiga mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus University) dari School of Computer Science berhasil membuat robot yang mereka namakan dengan ‘Intelligent Humanoid Robot’. Ketiga mahasiswa itu Reinhard Lazuardi Kuwandy, Oey Kevin Wijaya dan Christian Tarunajaya.

Penemuan robot tersebut dimulai ketika ketiga mahasiswa itu diharuskan membuat tugas akhir kuliah pada September 2015 lalu. Didampingi Dr Widodo Budiharto sebagai dosen pembimbingnya, ketiga mahasiswa tersebut berhasil merancang robot yang dapat mengenali wajah dan ucapan manusia dalam bahasa Indonesia. Robot itu bahkan bisa merespon perkataan dalam bahasa Indonesia.

“Selain bisa mengenali ucapan manusia dalam bahasa Indonesia, robot ini juga bisa meresponnya dalam bahasa Indonesia,” kata Widodo, Sabtu (5/3).

Reinhard, satu dari tiga mahasiswa perancang robot tersebut, mengatakan penemuan robot itu diharapkan dapat membantu banyak pekerjaan manusia, misalnya di bidang pendidikan atau hiburan.

“Manusia mempunyai batasan tenaga dalam mengerjakan suatu hal, sementara robot ini dirancang untuk membantu pekerjaan yang nggak dapat dilakukan manusia,” ujarnya.

Robot tersebut terdiri dari dua sistem, yaitu robot system dan raspberry pi system. Robot system berguna untuk sistem pergerakkan motor, sedangkan raspberry pi system sebagai sistem kontrol robot.