People Innovation Excellence

Contoh Universitas yang Menerapkan “Good University Governance”

Tata kelola universitas yang baik (Good University Governance) mencerminkan kesuksesan universitas yang menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap bersaing dalam pada dunia global. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras dan kedisiplinan tinggi dalam mendidik, serta mengajarkan nilai-nilai budaya dan pergaulan masyarakat global.

Dalam upaya menciptakan tata kelola universitas yang baik, sebuah universitas atau perguruan tinggi tentunya wajib memiliki tenaga pengajar yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi unggul, serta memiliki efisiensi dan produktivitas pembelajaran yang tinggi. Selain itu, universitas juga diharuskan mampu menggali dana dengan bekerjasama dengan mitra bisnis dalam mengembangkan unit bisnis.

Sebuah universitas atau perguruan tinggi yang mempunyai tata kelola yang baik, wajib mewujudkan misi perguruan tinggi dalam mencari, menemukan, dan menyebarluaskan kebenaran ilmiah. Mekanisme dan organisasi pengelolaan perguruan tinggi juga perlu diatur dalam Statuta Perguruan Tinggi, yang tercatat dalam UU no. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (yang sedang direvisi).

Salah satu contoh universitas yang berhasil menerapkan Tata Kelola Perguruan Tinggi yang baik adalah Binus University, akibat tata kelola yang baik tersebut, berhasil menghantarkan Binus University mendapatkan penghargaan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik 2015. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Muhammad Nasir kepada Rektor Binus University, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM pada Rabu, (2/12/2015).

Penghargaan yang ditetapkan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III DKI Jakarta ini diberikan pada saat Rapat Kerja Kopertis Wilayah III di Hotel Bidakara, Jakarta. Seluruh kategori penghargaan berhasil diraih oleh Binus University, yaitu : Pengembangan Kerja Sama, Pembinaan Kemahasiswaan, Tata Kelola, Pengembangan Dosen, Riset dan Pemanfaatan, Bidang Teknik dan Bidang Komputer.

Selain 7 kategori tersebut, Binus University juga mendapatkan 2 penghargaan individu, yaituWidodo Budiharto, S.Si., M.Kom., (Dosen, School of Computer Science) sebagai Dosen Berprestasi Peringkat Kedua dan Inca Maya Sari (Mahasiswa, Program Studi Information System) sebagai Mahasiswa Berprestasi Peringkat Pertama Nasional 2015.

Segudang prestasi yang telah diraih Binus University hingga penghujung tahun 2015 semakin membuktikan bahwa Binus University siap mencapai Visi Binus 20/20 “A World-class University”. Penghargaan ini memiliki arti penting dalam proses perjalanan Binus University menuju visi tersebut, dan tentunya juga akan menjadi motivasi tambahan bagi para mahasiswa, dosen dan staf di Binus University untuk memberikan usaha terbaiknya.

Raihan ini merupakan hasil kerja keras dari rekan-rekan dosen, staf dan mahasiswa di lingkungan kampus Binus University yang telah mewujudkan keberhasilan ini menjadi nyata. Kami juga berterima kasih atas dukungan masyarakat selama ini hingga Binus dipercaya menjadi perguruan tinggi swasta terbaik saat ini,” ungkap Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. (adv)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close