Dalam rangka mengoptimalkan fungsi dari media sosial yang berguna untuk membantu kinerja setiap divisi di BINUS UNIVERSITY (BU), diselenggarakan sebuah seminar dengan topik “How to Get People Attention to Your Brand without Spending Any Money on Advertising”, Jumat (23/10) tadi di Kampus Anggrek. Seminar ini dibawakan oleh Ms. Christine Gneuss, Head of Program Communication Department, BINUS INTERNATIONAL (BI) yang dihadiri oleh berbagai divisi, seperti Student Advisory Center (SAC), BINUS Square, Student Creativity Development Center (SCDC), dan divisi lainnya.

“Seminar ini bertujuan untuk membagi ide mengenai media sosial, seperti bagaimana menggunakan hastag yang baik, kata kunci, dan menyampaikan konten yang baik mengenai acara yang ingin diselenggarakan,” ucap Christine.

Berdasarkan pengalaman setiap divisi, salah satu isu terkait dengan event adalah total jumlah mahasiswa yang hadir pada acara, misalnya saja seminar. Christine pun menjelaskan bahwa ada beberapa faktor penyebab hal itu dapat terjadi. Mahasiswa akan berfikir apakah manfaat yang mereka dapatkan, apakah seminar tersebut spesial, apakah ada kaitannya dengan jurusan mereka, dan faktor lainnya akan menjadi pertimbangan bagi mereka untuk menghadiri seminar.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat sebuah acara yang terlihat eksklusif bagi mahasiswa. Caranya bisa saja dilakukan dengan mengundang para bloggers, CEO Gojek, Google, atau perusahaan lainnya yang dapat membuat mahasiswa tertarik untuk datang. Saat mereka sudah merasa tertarik dan ikut berpartisipasi, himbaulah mereka untuk saling berbagi momen mereka tersebut melalui sosial media dengan menggunakan hastag terkait dengan topik acara. Sangat dianjurkan untuk menggunakan hastag yang unik.

“Saya berharap seminar ini dapat membantu setiap divisi dalam membuat sebuah event tanpa perlu adanya advertising, yaitu melalui media sosial. Disamping itu, sangat penting sekali untuk menganalisa topik atau siapakah pembicara yang mereka suka dan minati,” ujar Christine.

Christine juga menambahkan, dalam menggunakan sosial media, sangat penting sekali untuk kita memperhatikan content yang ingin kita sampaikan, bagaimana cara kita menceritakan brand kita dengan baik kepada orang-orang, dan berbagi sesuatu hal juga penting. (MEL)