oleh : Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Kamis, 30 Juli 2015 menjadi hari yang istimewa bagi sebagian besar wisudawan BINUS UNIVERSITY. Saya yakin bukan hanya bagi para wisudawan, tapi juga bagi orang tua dan keluarga mereka. Tak terkecuali juga bagi Saya sendiri. Rasa haru dan bangga melihat 2.732 wajah berseri dari semua wisudawan yang saya salami di Plenary Hall, JCC.

Mungkin bagi universitas, wisuda adalah hal rutin, tapi tidak bagi para wisudawan. Untuk bisa merasakan hari wisuda, mereka harus melewati berbagai proses yang tidak mudah. Saya akui itu karena Saya pun pernah merasakannya.

Di setiap wisuda pasti ada saja hal unik yang tak terlupakan. Pada Wisuda BINUS ke-52 ini, Saya mendapati seorang wisudawan S1 yang berusia 51 tahun. Hal ini sungguh luar biasa. Usia memang bukan alasan bagi seseorang untuk terus belajar.

Sambil menunggu ke sesi wisuda berikutnya, Saya berjalan ke luar ruangan dewan pelantik. Ribuan wajah bahagia menghiasi JCC. Saya yakin bahwa pendidikan merupakan jalan keluar bagi setiap orang untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

Berdasarkan hasil survey kepada seluruh wisudawan pada saat gladi resik Wisuda 52, sebanyak 78 % wisudawan sudah mendapatkan pekerjaan, dan 43 % dari mereka yang sudah bekerja tersebut, bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur.

Sebagai rektor, hal ini adalah kepuasan tersendiri bagi Saya ketika mengetahui hal tersebut. Kini saatnya mereka berkarya untuk Bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Mungkin ketika mereka bekerja, Saya dan para dosen lainnya sudah tidak bisa mengontrol mereka satu per satu, tapi almamater BINUSIAN melekat pada diri mereka.

Seperti yang disampaikan juga oleh Prof.Dr.Ilza Mayuni, MA (Koordinator Kopertis Wilayah III) bahwa Indonesia Emas pada 2045 ada di tangan para wisudawan ini. Itu berarti, kelak yang akan menggerakan Indonesia ini adalah generasi-generasi muda saat ini. Sebagai rektor Saya hanya dapat berpesan kepada seluruh lulusan BINUS untuk jangan menodai Bangsa ini dengan korupsi. Dan BINUS UNIVERSITY pun tidak segan-segan mencabut ijazah alumni BINUS yang terbukti melakukan korupsi.

Akhir kata Saya ucapkan Selamat kepada wisudawan BINUS UNIVERSITY di Wisuda 52 ini. Teruslah menjadi kebanggaan dan selamat berkarya !

Terima kasih.

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM
Rektor BINUS UNIVERSITY

@harprabowo
rector@binus.edu