People Innovation Excellence

RIZMAN ADHI NUGRAHA: MANUSIA INDONESIA PERTAMA YANG AKAN MENGANGKASA

Rizman Adhi Nugraha alumni BINUS UNIVERSITY sekaligus manusia pertama Indonesia yang akan menjelajahi angkasa pada akhir tahun ini.

 

Tidak banyak yang menyangka bahwa Rizman Adhi Nugraha adalah alumni BINUSIAN sekaligus manusia Indonesia pertama yang akan terbang ke ruang angkasa bersama pesawat ulang alik XCOR Lynx Mark II. Ditemui pada Minggu (12/7), Rizman bercerita bahwa ia direncanakan akan berangkat pada akhir Desember tahun ini.

Berawal dari ketidak sengajaannya melihat iklan di layar TV yang menampilkan kompetisi AXE Apollo Space Academy, ia dengan “iseng” memutuskan untuk ikut kompetisi tersebut. Dari sekitar 40.000 pria Indonesia yang mendaftar, ia akhirnya masuk ke dalam empat besar dan bersaing untuk memperebutkan kursi tiga besar. Pada tingkat nasional ini, ia diwajibkan untuk mengikuti tes fisik, psikologi, bahasa Inggris, dan beberapa kegiatan yang menguji keberanian. Dari tes tersebut, Rizman dan dua rekan lainnya kemudian terpilih mewakili Indonesia untuk berlaga ke tingkat internasional.

Perjuangan alumni School of Computer Science BINUS UNIVERSITY ini pun dilanjutkan di Florida, Amerika. Disana, ia dan kedua rekannaya bersaing bersama 250 pria lainnya dari berbagai penjuru dunia untuk merebut kursi sang astronot. “Situasi kompetitif sangat terasa. Peserta dari negara lain badannya lebih besar, tapi saya positif thinking, karena saya yakin kemampuan saya tidak kalah dengan peserta dari negara lain,” kenang Rizman ketika pertama kali bertemu dengan peserta dari berbagai negara.

Selama di Florida, ia harus mengikuti pelatihan astronot yang menantang fisik dan mental. Selain tes fisik yang berat, mereka juga ditantang menjadi co-pilot untuk menerbangkan pesawat tempur SIAI Marchetti SF260. Pesawat tersebut terbang melebihi kecepatan suara sambil melakukan gerakan akrobat di udara. Setelah itu para calon astronot ini juga harus merasakan sensasi gravitasi nol ketika diangkut dalam pesawat Boeing 727 yang melakukan gerakan parabola dan akhirnya mengikuti simulasi gaya gravitasi ekstrim dalam G Force Training.

Akhirnya, Rizman terpilih sebagai satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang akan mengangkasa bersama 23 pria lainnya. Ketika para juri yang salah satunya adalah astronot legendaris Amerika, Buzz Aldrin, mengumumkan kemenangannya di Kennedy Space Center, Florida, Rizman masih belum percaya bahwa ialah yang terpilih sebagai orang Indonesia pertama yang akan melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Petualangan Rizman ke angkasa kelak akan menjadi sejarah baru bagi bangsa Indonesia, karena Rizman akan menjadi manusia pertama Indonesia yang akan terbang menjelajah angkasa. Rizman pun berujar bahwa kepergiannya ke angkasa adalah untuk mengemban misi mengharumkan nama Indonesia.

Sebuah kebanggaan bagi BINUS UNIVERSITY karena salah satu alumninya akan menjadi manusia pertama dari Indonesia yang mengangkasa. Kemenangan Rizman pun bukan hanya kebanggaan BINUS UNIVERSITY tapi juga segenap bangsa Indonesia. Semoga kemenangan Rizman dapat juga menjadi motivasi bagi BINUSIAN untuk semakin mengharumkan nama bangsa dan alamamater BINUS UNIVERSITY. (IV)

r1


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close