People Innovation Excellence

Wujudkan Passion Anda Menjadi Karir

Oleh : Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Setiap orang tua selalu berusaha mengarahkan minat dan bakat anak mereka karena saat ini sudah banyak orang memahami bahwa soft skillsangat dibutuhkan dalam mencari pekerjaan. Lantas apakah minat dan bakat seorang anak yang sudah diarahkan sejak kecil tersebut nantinya akan menjadi pekerjaan yang dapat mendatangkan penghasilan bagi mereka?Tentu saja hal itu bisa tercapai asal ada komitmen dan tekad yang kuat untuk mewujudkan minat tersebut.Namun terkadang orang tua sering ragu untuk mengikuti minat anak mereka karena takut akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Pada dasarnya, setiap bidang pendidikan yang mengarah pada minat seseorang,memiliki masa depan dan bisa mendatangkan penghasilan.BINUS UNIVERSITY sebagai institusi pendidikan paham betul akan hal tersebut dan untuk mengakomodir, BINUS UNIVERSITY membekali para mahasiswa dengan kemampuan akademis dan non akademis.Selain adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berguna untuk menyalurkan minat & bakat mahasiswa, di setiap program diberikan mata kuliah untuk pengembangansoft skillberupaEmployability & Entrepreneurship Skill(E & E Skill).

Berbekal kedua kemampuan ini, mahasiswa tidak hanya dapat belajar untuk menghadapi persaingan global dalam bidang industri namun juga dapat menciptakan inovasi sesuai minat mereka yang berujung pada pembentukan industri baru di kancah internasional. Pada Wisuda ke-51 BINUS UNIVERSITY di akhir tahun 2014 lalu, sebanyak lebih dari 2.500 mahasiswa yang diwisuda, 79% di antaranya sudah bekerja, dan 40 % dari lulusan tersebut bekerja di perusahaan multinasional dan internasional atau menjadi entrepreneur. Hal ini membuktikan1 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur berhasil dicapai.

Ini menunjukkan bahwa E & E Skill yang diterapkan oleh BINUS UNIVERSITY ternyata mampu membantu para lulusan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan atau bahkan membantu mereka menciptakan ide bisnis sesuai minat mereka masing-masing.Kini target tersebut kami tingkatkan lagi menjadi 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur.

Saya berharap agar generasi muda tidak perlu lagi khawatir untuk menekuni passion mereka karena saya yakin jika mereka melakukan pekerjaan yang mereka cintai maka mereka akan semakin mudah menggali hal-hal baru dalam bidang tersebut. Itu berarti kesempatan untuk menjadi sukses di bidang yang diminati akan semakin besar peluangnya.Temukan passion Anda, teruslah bermimpi dan wujudkanlah !

@harprabowo
rector@binus.edu


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close