Kemajuan teknologi kini telah menjadi semakin cepat, tidak ada yang dapat mengejar kemajuan teknologi jika tidak dipelajari secara komprehensif. Pengetahuan dibidang teknologi pun tidak dapat semata-mata dipahami hanya melalui teori semata, namun juga diperlukan praktek atau mengunjungi secara langsung industri teknologi tersebut.

Melihat fenomena ini, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMMAT) BINUS UNIVERSITY mengadakan study tour ke Biznet pada Selasa (9/6). Biznet sebagaimana yang diketahui masyarakat luas merupakan perusahaan penyedia layanan internet, data center, dan tv cable. Biznet merupakan perusahaan di bidang telekomunikasi dan multimedia yang memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur modern dengan tujuan mengurangi kesenjangan digital Indonesia dengan negara berkembang lainnya. Biznet memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia. Pada study tour kali ini, BINUSIAN hanya mengunjungi bagian data center Biznet.

“Tidak semua orang mengetahui data center, sehingga kami menyediakan fasilitas study tour agar mereka yang ingin bekerja di bidang data center mengetahui lingkungan kerja mereka kelak,” ujar Dimas Natanael selaku Panitia Study Tour HIMMAT. Ia mengatakan tidak semua hal yang didapat pada teori akan sama dengan kenyataan di lapangan, sehingga study tour merupakan kesempatan untuk dapat belajar dari dunia industri. Study tour yang diadakan setiap tahun ini diikuti oleh 25 orang.

Bertempat di Technovillage Data Center acara diawali dengan perkenalan Biznet yang dibawakan oleh Azkia Sabrina selaku Marketing Data Center Biznet. “Hingga kini Biznet memiliki tiga data center, yaitu Mid Plaza Data Center di Jakarta, Rimba Data Center di Bali, dan Technovillage Data Center di Cimanggis,” sebut Azkia. Ia mengatakan bahwa kebutuhan industri semakin meningkat sehingga kebutuhan data center juga ikut mengalami peningkatan. Ia juga menyebutkan bahwa, sebuah data center membutuhkan reduce cost, keamanan, dan teknologi yang baik.

Ternyata tujuan study tour ini pun senada dengan sambutan tim Biznet terhadap mahasiswa yang melakukan study tour ke data center mereka. “Kami menginginkan adanya edukasi untuk mahasiswa tentang data center, sebab pada masa mendatang mahasiswalah yang akan menjadi penerus bangsa,” ujar Azkia. Ia mengatakan sebagai penerus bangsa, BINUSIAN harus mengetahui segalanya tentang teknologi khususnya data center, sehingga pihak Biznet tidak ragu untuk menerima kunjungan dari BINUSIAN untuk kegiatan study tour. Ia berharap dengan adanya study tour akan membuka mata masyarakat bahwa Indonesia juga memiliki data center yang berkualitas.

Dengan adanya kegiatan serupa, diharapkan BINUSIAN dapat mempelajari secara lengkap, tidak hanya melalui teori di kelas namun juga melalui kegiatan-kegiatan study tour yang semakin memperlengkapi pengetahuan mereka menuju dunia kerja nantinya. (AS)