People Innovation Excellence

Binus Tawarkan Kemudahan Teknologi untuk Kuliah

Jakarta, Suarapemred.com – Kecanggihan teknologi dewasa ini semakin memudahkan banyak hal, tek terkecuali dalam  dunia kerja maupun pendidikan.
Bisa dikatakan, dengan teknologi yang modern, banyak hal yang bisa dilakukan, tanpa harus beranjak dari tempat duduk Anda dimana pun anda berada.
Tentu saja sangat disayangkan, jika segala kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh kemajuan  teknologi  tersebut, tidak dimanfaatkan dengan maksimal oleh orang di abad teknologi sekarang ini.
Rektor Bina Nusantara (Binus) University, Prof. Dr. Ir Harjanto Prabowo tampaknya tahu betul, membaca tanda-tanda jaman itu, dengan memanfaarkan kemudahan teknologi untuk membangun dunia pendidikan.
Binus, yang merupakan universitas swasta kenamaan di Ibukota ini, dikenal sebagai kampus teknik informatika. Perguruan tinggi ini, benar-benar menerapkan apa yang disebut dengan teknologi dalam metode pengajarannya. Memang apa yang dilakukan mereka bukanlah torobosan yang terbaru, tetapi Binus mampu melakukan efisiensi dalam dunia pendidikan.
“Sejak tahun 2009 di Binus ada dua jenis kelas, online dan reguler (kampus). Online maksudnya Distance Online Learning ( belajar jarak jauh),” ungkap Harjanto, Kamis (30/4).
Menurutnya, melihat geografis Indonesia yang luas, sangat cocok menggunakan metode Distance Online Learning. Dengan metode ini, maka  jika ada yang ingin orang daerah yang ingin merasakan pendidikan di luar daerah dengan tenaga pengajar Ibukota, bukan menjadi angan-angan lagi. Dengan menggunakan metode tersebut, tak perlu lagi harus pergi ke Jakarta hanya untuk kuliah. Cukup duduk didepan komputer saja, sudah dapat mengikuti kelas pelajaran.
Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, bukan berarti  mahasiswa tidak mengerti atau memegang bahan kuliah yang diajarkan. Mereka dapat mendownload bahan kuliah atau pun bahan pelajaran yang diajarkan  dosen. Jika mereka kurang mengerti, bisa ditanyakan saat kuliah esok harinya.
“Meskipun jarak jauh, kualitas tetap dijaga. Jadi meskipun tidak bertatap muka, dia bisa ngerti. Saya ada dulu bahannya, dan diberitahukan agar mereka paham. Sama seperti disekolah. Dia yang mencari agar lebih mengerti. Materinya harus diproses juga,” jelas Rektor Binus itu.
Meskipun begitu, saat ujian mereka tetap melakukan tatap muka. Perbedaannya dengan kelas reguler adalah, kelas online ini ditujukan untuk para pekerja yang ingin melanjutkan kuliah S1 ataupun S2nya dengan jurusan tertentu. Bedanya lagi, setiap tahun untuk kelas online ini dalam setahun mereka menerima dua gelombang. Sampai saat ini Binus telah memiliki banyak lulusan kelas online.
“Perbedaan kualitas, belum ada survei. Tetapi,  mahasiswanya puas, karena mereka tidak harus selalu dikampus. Untuk tamatan SMU saya tidak terapkan kelas online, karena menurut saya, mereka masih fresh jadi butuh kampus,” pungkasnya.
“Sekarang setahun saya terima seribuan, awal-awal puluhan. Program kelas jauh, tidak semua, khusus bisnis manajemen dan ilmu komputer. Kita fleksibel, tapi tetap jaga kualitas. Setelah sukses di Jakarta,  dan dapat ijin formal, kita mulai ke daerah,” imbuhnya.
Menurutnya, apa yang dilakukan itu, merupakan kontribusi Binus University terhadap dunia pendidikan nasional, agar dunia pendidikan di Indonesia lebih baik kedepannya.
(SP/Budi Warsito)
Sumber : http://tech.suarapemred.com/tech/2015/05/01/48432/Binus-Tawarkan-Kemudahan-Teknologi-untuk-Kuliah

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close