Organisasi besar tercipta dari orang-orang besar didalamnya, dan organisasi yang berkembang perlu juga orang-orang yang berkembang untuk mengimbangi langkahnya. BINA NUSANTARA dari sebuah lembaga kursus komputer, kini menjelma menjadi sebuah institusi pendidikan besar yang menyediakan pendidikan dari usia dini hingga doktor. Tiga puluh empat tahun berdiri dan berkembang, tidak memberatkan langkah BINA NUSANTARA untuk terus tumbuh menjadi institusi pendidikan yang lebih baik dan besar lagi.

Langkah BINA NUSANTARA yang sangat pesat mengharuskan BINUSIAN untuk memiliki kompetensi yang memadai pula, agar dapat melangkah dengan seirama. Karenanya, BINA NUSANTARA melalui BINUS Corporate Learning and Development (BCL&D) menghadirkan sebuah sistem pengembangan yang ditujukan secara khusus untuk divisi General Affairs, Building Management, dan Estate yang dinamakan dengan ?Facilities Management and Services? (FMS).

Melania Tresnasari sebagai perwakilan dari BCL&D menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk membimbing karyawan-karyawan yang ada sesuai dengan kompetensinya masing-masing agar dapat semakin berkembang dan cakap dibidangnya. Agar lebih mendalam dan terarah, program ini terbagi ke dalam tiga tingkatan, yaitu: basic, intermediate dan advance.

Selama program berlangsung peserta akan medapatkan pelatihan mengenai BINUS Learning Focus (BLF) yang harus dikuasai oleh semua BINUSIAN, pengetahuan fundamental yang berisi kompetensi umum sebagai bagian dari karyawan FMS, dan streaming coruse yang fokus pada pengetahuan teknikal dan kompetensi spesifik mengenai bidang mereka masing-masing.

Peserta program ini adalah karyawan yang sekurang-kurangnya telah bekerja selama setahun dan memiliki komitmen untuk menyelesaikan program ini. Sederhananya, program ini dapat diibaratkan sebagai sekolah lanjutan bagi karyawan BINA NUSANTARA. Program ini akan berlangsung selama tiga tahun, masing-masing tingkatan untuk satu tahun, dengan jumlah belajar 40 jam per tahun. Karyawan yang lulus dari program ini pun akan diwisuda seperti mahasiswa yang menyelesaikan studi.

Program ini dibuka pada Rabu (6/5) di Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY oleh Francis Budiraharja Santoso selaku Managing Director BINA NUSANTARA dan Prof. Dr. Gerardus Polla, M.App.Sc selaku Director of Graduate Program BINUS UNIVERSITY. Seluruh peserta program juga hadir dalam pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Francis memaparkan sejumlah rencana pengembangan BINA NUSANTARA dan secara jelas menegaskan bagaimana perkembangan tersebut dapat mengakselerasi perkembangan karir peserta. ?Untuk mengikuti perkembangan BINA NUSANTARA yang bergerak dengan sangat cepat, dibutuhkan tenaga-tenaga yang kompeten di bidang general affairs, landscaping, building management, dan engineering? ujar Francis.

Program FMS merupakan salah satu implikasi dari perkembangan BINA NUSANTARA, yang mengindikasikan bahwa BINA NUSANTARA membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah besar yang memadai dan kompeten. BINA NUSANTARA berharap melalui program ini, karyawan dan BINA NUSANTARA dapat bersama-sama tumbuh berkembang menjadi bagian yang berguna bagi pendidikan bangsa dan dunia. (IV)