BINUS UNIVERSITY

Mahasiswa BINUS UNIVERSITY Melaju ke MAWAPRES 2015 Tingkat Nasional

Inca Maya Sari, BINUSIAN semester 6 program studi Sistem Informasi baru saja mengharumkan nama BINUS UNIVERSITY. Inca baru saja memenangkan kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) pada 5-7 Mei 2015 dengan mengalahkan 45 peserta lainnya yang berasal dari 17 universitas swasta di wilayah KOPERTIS III. Inca pun akhirnya terpilih mewakili KOPERTIS III untuk berlaga di MAWAPRES tingkat nasional pada bulan Juni mendatang.

Inca maju bersama dengan Ivana Beatrice dan Kelvin Wongso dalam kompetisi ini. Inca meraih juara pertama, Ivana juara kelima, dan Kelvin juara kedelapan. Ketiganya adalah mahasiswa pilihan dari BINUS UNIVERSITY yang dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi ini. Dalam mempersiapkan perlombaan ini, mahasiswa diwajibkan untuk menyusun karya ilmiah untuk dipresentasikan dihadapan juri pada tahap final. Mereka pun dibimbing oleh dosen-dosen BINUS UNIVERSITY dan tim Student Creativity and Development Center (SCDC) agar mereka dapat tampil dengan maksimal.

Kompetisi MAWAPRES adalah sebuah kompetisi bergengsi tiap tahunnya, yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) untuk memotivasi mahasiswa berprestasi untuk semakin berkontribusi kepada bangsa melalui pemikiran mereka. Ajang ini juga dapat didefinisikan sebagai ajang penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi baik dari segi akademik maupun non-akademik di kalangan perguruan tinggi.

Ditemui pada Selasa (12/5), Inca menceritakan bahwa ide karya ilmiahnya berasal dari pengalaman pribadinya sebagai atlet yang sering bertanding ditingkat nasional dan internasional namun harus mengulang proses adminstrasi yang sama dan berbelit-belit. Hingga akhirnya, ia terdorong untuk menyumbangkan pikirannya demi kemajuan olahraga Indonesia melalui penelitiannya yang berjudul ?Pengembangan Sistem Informasi Rekam Prestasi Atlet Terintegrasi Berbasis Web untuk Mendukung Seleksi Kandidiat Tim Nasional (Studi Kasus: Cabang Olah Raga Bela Diri Indonesia).?

Pada babak presentasi, Inca dan peserta lainnya diminta untuk mempertanggung jawabkan penelitian mereka dihadapan para juri, yang pada dasarnya adalah orang-orang yang telah sering melakukan penelitian. Selain mempresentasikan karyanya, peserta juga dihadapkan dengan sejumlah pertanyaan dan sanggahan dari juri. Inca yang memang telah mempersiapkan diri pun berhasil melalui semua tahap tersebut dan tampil sebagai juara pertama.

Prestasi Inca tentunya juga telah membawa nama BINUS UNIVERSITY selangkah lebih maju dan semakin harum. Inca yang beberapa waktu lalu menjuarai Road to Asian Games cabang olahraga Taekwondo, memohon agar rekan-rekan BINUSIAN lainnya mendoakan dan mendukungnya di MAWAPRES tingkat nasional.

BINUSIAN, maju terus berprestasi! (IV)